#JumblingJuly2017, Cerita Fiksi

Cerita Fiksi: Kaleng Wafer

Cerita-Fiksi---Kaleng-WaferKetika hari Raya Idul Fitri, hari di mana semua manusia saling bermaaf-maafan, saat itulah aku―dan teman-teman satu spesiesku―justru dicap sebagai pemberi harapan palsu, atau disingkat PHP, oleh manusia.

Padahal … memangnya aku melakukan apa sih? Bergerak saja aku tidak bisa. Boro-boro memberi harapan, aku pun tidak memiliki kesempatan memilih isi untuk diriku sendiri.

Aku hanyalah sebuah kaleng wafer yang beruntung karena tidak segera berakhir di tempat sampah; berdesakan di truk sampah bersama mereka yang sama-sama bernasib menyedihkan. Manusia yang terlalu kreatif―dan irit―itu mengalihfungsikanku sebagai tempat untuk menaruh sesuatu yang lain.

Aku masih disebut beruntung jika diisi rengginang, rempeyek, atau kacang goreng walaupun tubuhku sudah ditulis dengan huruf besar-besar bahwa diriku menyimpan wafer renyah. Kontras sekali, memang. Tapi, kamu tahu? Temanku, si Kaleng Biskuit, bahkan diisi oleh perkakas dan benda tajam, seperti gunting dan cutter. Sadis tidak sih.

Jadi, yang salah di sini sebenarnya siapa, kami atau manusia yang terlalu kreatif―dan irit―itu?

Makanya, di kesempatan yang langka ini, aku ingin berpesan kepada kalian, para manusia, janganlah menilai kami dari sampulnya.

Dan tolong, jangan sebut kami PHP. Begini-begini, kami juga kaleng, tahu. Tidak punya perasaan sih, tapi kalau aku kosong, aku selalu siap diisi dengan apa pun.

Termasuk hatimu.

Ea.

.

.

rufindhi

Depok, 10 Juli 2017

(Sebuah cerita fiksi ngawur dari sudut pandang kaleng wafer PHP yang banyak tersebar di hari Lebaran, lol. Ternyata prompt Cerita dari Sudut Pandang Benda Mati ini cukup menantang juga ya. xD)

Advertisement

1 thought on “Cerita Fiksi: Kaleng Wafer”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s