#JumblingJuly2017

Ruang Tamu Pagi Buta

20181006_215111_0001-1842460255.png

Selain mengfungsikan ruang tamu sebagai ruang pencari sinyal teroke di rumah, aku juga melakukan hal lain di ruang tamu yang menjadi kebiasaan sejak bulan lalu.

Bukan, bukan mencemili makanan di toples untuk tamu, tapi mengetik.

Selepas subuh, aku yang nggak tidur lagi itu pergi ke ruang tamu sambil membawa laptop, duduk di sofa bersandarkan bantal kursi yang besar, lalu menyelonjorkan kaki. Biasanya aku ditemani oleh ponsel yang beralih fungsi menjadi pemutar musik dengan earphone. Namun, ada satu hal yang istimewa di pagi buta itu: Angin subuh yang masuk melalui pintu rumah yang terbuka.

Laki-laki di rumahku, terutama Ayah, selalu pergi ke masjid untuk sholat, termasuk sholat subuh. Biasanya pintu depan dibuka, kalau ditutup ya sengaja kubuka lagi. Dan dari sanalah angin subuh yang kusukai itu bisa masuk ke dalam rumah dan menyejukkan suasana pagiku sambil mengetik untuk menulis entri blog ini.

Kebiasaan ini termasuk baru, dan aku langsung menyukainya. Khususnya karena ada angin subuh itu. Banyak hal yang bisa kudapat dari pagi hari di ruang tamu ini. Bisa mengetik dengan lancar di jam-jam produktif (jam produktifku saat langit gelap), bisa sarapan saat liburan, bisa menghirup udara pagi buta, hingga melepas Ayah dan Ibu yang sudah berangkat ke kantor pukul enam pagi. Yang terakhir juga menjadi salah satu hal yang kusukai. Orang tuaku keduanya bekerja, jadi aku hanya memiliki sedikit familytime di rumah. Bisa melihat mereka bersiap-siap ke kantor hingga mengantarkan mereka keluar pintu pun aku sudah senang.

Sayangnya sejak dua minggu yang lalu―dan mungkin sampai seminggu ke depan―kebiasaan menyenangkan ini mulai lupa kulakukan karena … aku lupa ada apa (yha), ditambah lagi sejak seminggu yang lalu aku sedang pergi liburan ke rumah Tante di Kalimantan. Dan di rumahnya nggak ada ruang tamunya. :”)

.

.

rufindhi

Banjarbaru, 21 Juli 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s