#JumblingJuly2017

r e s o l u s i

20181006_214058_0001689776170.png

Sebenarnya di tempat aku berada saat ini sudah pukul 00.00 lewat karena aku sedang berada di WITA, tapi berhubung jiwaku(?) WIB, jadi … kuputuskan untuk membuat tulisan pendek tentang prompt terakhir di JumblingJuly2017.

Dan seketika aku baru sadar, “Oh, wow. Prompt terakhir JumblingJuly2017?”

Kampanye menulis di bulan Juli ini ditutup oleh prompt “Resolusi”. Menurut KBBI, Resolusi adalah:

re·so·lu·si (1) /résolusi/

n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu — yg akan diajukan kpd pemerintah

Dengan ilmu sok tahu dan penarik kesimpulan yang kumiliki, resolusi digeneralisasikan sebagai keputusan atau kebulatan yang berisi tuntutan. Sifat tuntutan di sini adalah menuntut untuk direalisasikan. Secara harfiah sama saja seperti harapan, ya. Aku bingung juga kenapa pakai nulis resolusi segala. Heuh. (eh)

Mungkin perbedaan yang bisa kuambil adalah … harapan bersifat angan dan resolusi bersifat lebih menuntut untuk dicapai. Dan sebenarnya, aku memasang resolusi di prompt paling akhir karena … agar semangat menulis ini nggak selesai ketika JumblingJuly2017 selesai. Maka, harapannya prompt terakhir ini dapat mencetuskan resolusi-resolusi baru yang lebih bulat dan menguatkan tekat kita untuk dicapai di hari esok.

.

.

rufindhi

Banjarbaru, 28-29 Juli 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s