#AksaraAgustus2017 · Opini

Kejemuan dalam Rutinitas

jemu /je·mu/ a sudah tidak suka lagi (makan, melihat, dan sebagainya) karena terlalu sering dan sebagainya; bosan: saya sudah — dengan keadaan seperti ini;

— jelak; kenyang sekali;

menjemukan /men·je·mu·kan/ v membosankan; menyebabkan jemu: gaya pidatonya —;

jemuan /je·mu·an/ n 1 hal-hal yang menjemukan; 2 cepat jemu;

kejemuan /ke·je·mu·an/ n perasaan bosan; kebosanan: bekerja tanpa kegairahan akan cepat menimbulkan –.

“Aku lagi nggak mood belajar, kira-kira harus ngapain ya biar ada motivasi?” tanya Adikku suatu malam.

Pernah mengalami hal yang sama seperti yang Adikku rasakan? Aku pun pernah. Jika kita melakukan sesuatu yang sama secara terus-menerus tentu akan muncul fase jenuh. Itu adalah fase di mana kita mulai kehilangan motivasi, sesuatu untuk bersandar dan bertahan. Contoh mudahnya, sekolah, bekerja, atau belajar.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa jemu itu?

Ibuku pun berbagi cerita kepada kami―anak-anaknya. Sebagai pegawai negeri sipil, beliau bekerja lima hari seminggu. Berangkat pukul 6 pagi, tiba di rumah pukul 6 sore―dan selalu seperti itu. Rutinitas seperti itulah yang menimbulkan kejemuan di antara kesibukannya. Dan solusi yang beliau lakukan adalah membuat motivasi kecil untuk diri sendiri.

“Misalnya lagi malas kerja. Mama mikir aja, ‘Istirahat siang mau ke mall ini ah’. Semangatnya perlahan muncul lagi. Nanti tahu-tahu pas kerjaannya sudah kelar, sudah berubah pikiran, ‘Duh kok panas, ya. Malas. Nggak jadi, deh.’ Gitu.” Begitu kata Ibu. Mendengar ceritanya, aku pun nggak kalah semangat berbagi pengalaman meredakan kejemuan.

“Aku juga pernah gitu,” sahutku. “Misalnya lagi penat kuliah, tiba-tiba pingin pergi ke toko buku atau mall, apalagi jalur pulang ke rumah ngelewatin toko buku sama mall. Mulai agak semangat lagi kuliahnya. Tapi, pas sudah pulang dan lagi di jalan malah mendadak malas, lebih kangen rumah. Lagian lebih enak di rumah bisa istirahat. Duit juga aman,” selorohku.

Ternyata, kesimpulan tipsku dan Ibu sama, padahal aku belum pernah meminta nasihat terkait ini kepada beliau. Mungkin feeling kami sudah searah, jadi jalan pikirnya mulai sama.

Inti dari tips menghilangkan kejemuanku, yaitu membuat motivasi kecil untuk jangka pendek. Beri hadiah untuk diri kita sendiri setelah mencapai sesuatu, tentu saja yang masih rasional dan terjangkau kantong pribadi, ya. Misalnya mau mentraktir bakso untuk diri sendiri, atau beli buku baru. Apa saja. Nantinya akan terlaksanakan atau nggak, semuanya kembali kepada kita. Biasanya yang iritan dan agak malas―kayak aku gitu―bisa cepat berubah pikiran. Sisi positifnya? Dompetku masih bisa bernapas, hehe.

Tapi aku pernah juga kok mengabulkan hadiah untuk diri sendiri ketika benar-benar sedang jenuh dengan kuliah (biasanya sebelum atau sesudah UAS), yaitu pergi ke toko buku dan mall sendirian. Benar-benar keliling sendirian, padahal mall dan toko buku itu adalah dua gedung yang berbeda. Aku memberi buku untuk diriku sendiri, mentraktir makan siang untuk diriku sendiri, dan menjajani diriku sendiri dengan minuman yang sedikit mahal harganya. Setelahnya, hatiku menjadi lebih senang dan ringan. Bebanku sudah berkurang karena sudah melakukan hal yang me-refresh kepenatan otakku.

Seperti itulah. Nggak ada yang salah dengan cara itu. Kita juga berhak hadiah dan apresiasi atas sesuatu yang sudah kita usahakan, dan tiap orang melakukannya berbeda-beda.

Lagipula, yang paling mengerti kita hanya diri kita sendiri, kan? Maka, mulailah mengenal dirimu sendiri lebih daripada orang lain, dan masalah seperti “menghilangkan rasa jemu” akan lebih mudah teratasi.

.

.

rufindhi

Depok, 8 Agustus 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s