#AksaraAgustus2017 · Curhat · Kutipan · Opini

Arti Lelahmu

lejar /le·jar/ ark a sangat penat; sangat capai.

ayal /a·yal/ a 1 lambat; laun: datanglah segera jangan — lagi; 2 bimbang; ragu-ragu: tak — lagi, ia memang guruku;

berayal-ayalan /ber·a·yal-a·yal·an/ v berlambat-lambat; bertangguh-tangguh

Ada kalanya ketika aku lejar dengan realita yang kuhadapi. Lantas kemudian mengeluhkan kesah pada teman. Sekadar melepaskan penat, lalu menjadi sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Baru beberapa jam yang lalu aku mengumbar rindu pada teman. Teman menulis yang kukenal di media sosial, tiga tahun lebih muda. Selepas mengumbar rindu, aku mengadu tentang jiwaku yang sedang lejar.

Lantas ia berkata:

“Kalau lelah, berarti sedang memperjuangkan sesuatu. Keep your head up.

Detik itu juga aku tersadar.

Mungkin aku merasa terbebani karena tidak memandang perjuangan ini dalam hal yang positif―oh, bagaimana bisa aku melupakan diriku yang biasanya. Kalimatnya sederhana, tapi langsung mengena. Segala yang kita perjuangkan itu tidak ada yang mudah. Tak ayal kita akan merasa lelah, hingga lejar jiwa dan raga.

Ia benar. Aku lelah karena aku sedang memperjuangkan sesuatu. Dan aku yakin, ada kebaikan di balik perjuangan ini.

Aku juga pernah mendengar, lupa dari mana, bahwa jika kita diberi suatu amanah/masalah/tantangan, itu artinya kita sedang berubah menjadi lebih kuat, lebih baik, dan lebih-lebih dari sebelumnya.

Lalu, aku memiliki sebuah kalimat penghibur diri ketika aku merasa tiba-tiba dihadapkan oleh sesuatu yang menyulitkan.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Jadi, aku diberi amanah ini karena sebenarnya aku sanggup, aku saja yang tidak tahu. Aku saja yang merasa tidak sanggup. Aku saja yang mudah diserang malas. Semuanya tentang negative thinking, dan aku punya kehendak untuk memilih tenggelam dalam negative thinking atau positive thinking.

Karena sesungguhnya Allah Maha Tahu. Lantas, dengan alasan apa lagi aku meragukan Yang Maha Tahu?

.

.

yang sedang berjuang dalam rencana-Nya

Depok, 12 Agustus 2017

Leave a Reply

