Menulis, Proyek

Indonesian Fanfiction Awards 2017

20181006_221432_0001-145235521.png

Indonesian Fanfiction Awards, atau biasa disingkat IFA, adalah sebuah ajang penghargaan bagi fanfiksi berbahasa Indonesia. Dengan mengusung slogan “Majukan fanfiksi berbahasa Indoneaia”, IFA hadir untuk memberi komplimen berupa visual dan sertifikat dengan nama pena serta judul karya yang lolos. Saat ini cakupan penilaiannya masih di tiga website saja: Fanfiction.NetArchive Of Our Own, dan Infantrum.

Sebelum membahas IFA lebih jauh, mungkin aku bakal menyinggung sedikit tentang fanfiksi.

Fanfiksi sendiri dalam bahasa Indonesia artinya fiksi penggemar, yaitu cerita fiktif yang dibuat oleh penggemar. Fanfiksi menggunakan karakter dari buku/film/games/dsb yang sudah ada, lantas penggemarnya membuat fiksi baru dari tokoh-tokoh itu. Maka, karya yang dibuat oleh penggemar itu disebut fanfiksi.

IFA sendiri sudah ada sejak tahun 2008, dan tahun ini adalah kali ke-9 IFA dilaksanakan. Banyak yang salah mengartikan kalau ini adalah kompetisi fanfiksi, padahal IFA adalah ajang penghargaan. Sebuah ajang pemberian komplimen dengan bukti visual untuk karya fanfiksi, author, dan fandom yang mendapat nilai unggul. Nilai tersebut didapat dari hasil penilaian juri (untuk fanfiksi) dan polling yang terbuka untuk publik.

Untuk fanfiksi, yang berhak masuk ke dalam nominasi hanyalah fanfiksi yang diterbitkan dalam jangka waktu setahun ke belakang (jadi benar-benar bukan lomba). Itulah kenapa masa kepanitiaan pengurus intinya mencapai satu tahun lamanya.

Kebetulan, aku ikut berpartisipasi di dalam IFA 2017 ini. Sedikit banyak aku sudah paham seluk-beluknya serta suka-duka menjadi pengurus inti selama setahun sebagai volunteer.

Yes. Sukarela. Karena ajang ini pun bentuk penghargaannya hanya berupa visual. Bukan uang. Lagipula, diadakannya ajang ini bukannya untuk mencari untung bagi sebagian pihak. Ini adalah event bersama. =))

Official costumes of mascots of IFA 2017

Please welcome our lovely and charming mascots. Aa Infantrum, Mbak AO3, and Mas FFn. =) Mereka sudah seperti anakku sendiri karena … yang masoin visual mereka ya aku―dengan kerumitan pakaiannya yang bikin stress itu. Dibantu temanku, teman sepengurusan inti di divisi visual, ia bagian coloring kalau aku sudah terlalu maso, hahaha.

Okay, back to the topic.

IFA 2017 sebenarnya sudah dimulai sejak bulan Januari 2017, tapi bukan pekerjaan yang dilakukan secara publik. Bulan Januari hingga Juli adalah bulan di mana keenam pengurus inti IFA 2017 bekerja secara tertutup. Mengonsep semuanya dari awal, rapat ini, rapat itu (rapat online―tentu saja, karena kami mencakup seluruh indonesia), merekrut juri dan kapten humas, menyusun dokumen ini, menyusun dokumen itu, dsb. Dan saat ini sedang dalam masa open recruitment humas resmi IFA 2017, berlangsung hingga akhir Agustus.

Bulan September mendatang bisa dibilang menjadi gerbang pertama IFA 2017 mulai dilangsungkan karena dimulainya Bulan Sosialisasi (Bulsos). Bulan Oktober sampai November adalah Bulan Nominasi (Bulnom). Sementara itu, bulan Desember adalah Bulan Polling (Bulpol) dan dibukanya perekrutan panitia inti IFA 2018. Pengumuman dilangsungkan pada awal tahun 2018, baik pengumuman peraih penghargaan maupun panitia yang terpilih.

Lebih lanjut, bisa diklik di sini: Website Resmi Indonesian Fanfiction Awards 2017.

Atau untuk Fanpage Facebook-nya, markas besar kami selama IFA berlangsung, bisa ke sini: Fanpage Indonesian Fanfiction Awards 2017. 

Bakal ada visual lain hasil masoanku selama ini lho, di sana! Ada juga visualku yang dikolaborasikan dengan informasi hasil editan partner sedivisi masoku juga, hahaha. Jadi, jangan lupa mampir~

Buat yang mau menyertakan karyanya sendiri, masih ada waktu sebelum tanggal 30 September 2017 lho! Yakali nggak kuy!

.

.

baru selesai masoin visual IFA 2017

Depok, 14 Agustus 2017

Advertisements

5 thoughts on “Indonesian Fanfiction Awards 2017”

    1. Untuk juri, selama ini selalu close reqruitment, Kak. Jadi, dicari sendiri oleh panitia dan dihubungi secara privat jika dirasa mampu menjadi juri. 🙂 Penilaian di wordpress maksudnya bagaimana ya, Kak?

      1. Karena IFA saat ini masih mencakup FFN dan AO3 saja, jadi kami belum menerima fanfic dari situs lain (wordpress, wattpad, dsb). Tapi, rencana memperluas cakupan tentu ada, hanya saja tidak dalam waktu dekat karena butuh rencana dan persiapan yang matang. Kalau asal nambahin paltform tanpa persiapan matang, nanti jadi kacau kan nggak enak juga, hehe. =))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s