Hari-hari, Islam, Korespondensi, Opini

Di Balik Layar: Balasan Kebaikan

“Berbuatlah kebaikan agar kamu dibalas pula oleh kebaikan.”

Sering kan ya kita dicekoki pernyataan itu, entah oleh Allah melalui Al Qur’annya, guru, orang tua, hingga quotes-quotes bijak di internet.

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)

Kalau kata Allah sih begitu. 🙂 Kalau sudah Allah yang bilang, pasti itu benar adanya.

Dan memang benar adanya. Terbukti melalui salah satu kebaikan yang kudapatkan minggu ini, yaitu sebuah surat yang diantar oleh Pak Pos.

Kemarin aku kembali mendapat surat setelah beberapa minggu absen dapat kiriman. Kali ini berbeda, bukan surat berprangko. Masih oleh Pos Indonesia, tetapi melalui jasa kirimnya―yah, pokoknya yang berbayarlah. Surat itu bukanlah sebuah kejutan karena kami memang merencanakannya.

Melalui akun Instagram khusus kirim-kiriman surat, aku membuat kesepakatan dengan orang Indonesia yang mengikuti akunku (dan kuikuti juga akunnya). Kami tidak saling mengenal, kesamaan minatlah yang mempertemukan kami. Membuat beliau menghubungiku secara pribadi, lalu mengajak tukar prangko.

Sebelumnya aku memang menawarkan untuk bertukar prangko. Bekas dipakai (sudah distempel) atau baru―kalau Indonesia sih prefer yang baru. Di Depok, dari enam kantor pos yang pernah kukunjungi, semuanya hanya menjual satu jenis prangko, yaitu Edisi Daerah Tujuan Wisata (Tourism Destination of Indonesia) 2017 dengan nominal 5.000. Mentok-mentok, ada yang Edisi 150 Tahun PMI dengan nominal 3.000―tapi ini agak sulit ditemui.

sumber: republika.co.id

Yang 5.000 gambarnya bagus sih, jadi tidak terlalu kecewa. 😀 Eh, tapi semuanya bagus sih, lol.

Janjianlah kami untuk saling tukar prangko dengan total nominal Rp40.000, sesuai dengan satu minisheet edisi wisata Indonesia tadi dengan total delapan prangko. Untukku, aku meminta dikirimkan prangko yang beliau miliki (semuanya ≤3.000) dengan total yang sama.

Aku agak lama memprosesnya karena jadwalku ke kantor pos selalu pas sekalian pulang kuliah, jadi kalau lagi tidak kuliah mah bawaannya kelesa di rumah. 😂 Lalu ujug-ujug (beberapa hari kemudian deng) suratnya dateng. Dan aku baru beres menghias amplop plus bikin surat, prangkonya belum beli. 😱 Sempat mau dibuka nanti, tapi … godaannya besar banget euy, hahaha. Akhirnya dibuka juga sih. Dan … akoe terkedjoet.

Aku kaget sih. Seneng juga karena lihat prangko yang beragam, tapi kaget pas lihat ada prangko dengan nominal 300, 350, dan 500! 😱 Dan … kalau dihitung kayaknya lebih dari total janjian deh. :”)) Belum lagi dikasih bonus surat kecil dan kartu ucapan dengan foto di depannya. Kurang baik apa lagi kan. :”)

It’s really made my day. 💛

Lalu, pikiran itu muncul tiba-tiba, hasil dari hati yang bahagia karena kebaikan orang lain, dan ini secara spontan pun tanpa direncanakan:

Aku jadi ingin memberi kejutan juga walau hanya kejutan kecil. Aku jadi ingin memberi bonua dalam bentuk lain agar dapat membalas kebaikannya.

Dan … ternyata, firman Allah itu nyata, wankawan. Kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan―disengaja atau tidak disengaja oleh si “pembalas”. Inilah yang juga menjadi motivasiku untuk selalu berbuat baik pada orang lain dengan cara apa pun.

Salah satunya, aku jadi nggak enakan karena surat sampai lebih dulu padahal progress-ku masih 50%. Akhirnya aku sampai bela-belain ke dua kantor pos demi mencari minisheet itu (walau hasilnya nihil). Tadi pagi adik wisuda SMA di daerah Jalan Nusantara, sehari sebelumnya aku udah inisiatif mencari kantor pos terdekat―dan senang tak terkira ketika menemukanya tidak jauh dari gedung perpisahan. Kantor Pos Depok 1. Jadi, sepulang wisuda, aku langsung meminta ayah untuk mampir dulu ke sana, untung saja dikabulkan.

Alhamdulillah, karena khirnya dapat juga minisheet-nya~

Dan pokoknya Senin besok musti sudah dikirim, . :”)

.

.

Depok, 5 Mei 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s