#NulisRandom2018, Jalan-jalan

Mudik 2018: Masjid Al-Fairuz, Pekalongan

Masjid di Kota Pekalongan ini tidak pernah absen kami kunjungi ketika mudik, baik perjalanan pergi maupun perjalanan pulang.

Bisa dibilang, masjid ini cukup megah. Salah satu masjid bagus yang pernah kutemui. Interiornya bagus, fasilitas seperti toilet dan tempat wudhunya pun banyak dan bersih. Karena berada di jalur pantura, masjid ini sering dijadikan tempat istirahat para pemudik. Dua atau tiga tahun lalu, ketika kami terjebak macet super parah di Brexit (Brebes Exit), kami juga istirahat di masjid ini beberapa menit sebelum Maghrib tiba. Sekalian mencari makan untuk berbuka sekaligus makan malam.

Mudik kali ini kami kembali menepi di sini, tepat lima menit sebelum adzan Maghrib berkumandang. Ketika para laki-laki (ayah, kakak, adik, dan sepupu) langsung berburu iftar di masjid, para perempuan (aku dan ibu) melipir ke warung. Sekalian menandai tempat, hahaha. Untuk tahun ini sih masjidnya tidak terlalu ramai. Mungkin karena hari ini bukan puncak mudik, atau mungkin juga karena ada tol baru dan banyak yang lewat sana.

Karena merupakan tempat istirahat pemudik, terlebih ini di Kota Pekalongan, banyak toko batik berderet di kawasan ‘belanja’ yang ada di samping masjid. Rok, daster, celana, kaos, kemeja―you name it, hampir semua yang berbahan dari batik tersedia di sana. Harganya juga terbilang murah. Kamu bisa bawa pulang daster batik ukuran dengan harga Rp20.000. Kalau mau lebih besar sedikit, harganya Rp25.000. Kalau celana panjang batik harganya Rp20.000.

Setelah ayah sudah merasa cukup dengan tidurnya yang singkat, kami pun berangkat lagi. Melanjutkan perjalanan dan menghampiri kota-kota lainnya.

Kalau beruntung, kami bisa tiba di Kota Pati saat sahur tiba, dan makan sahur Nasi Gandul yang enak di sana. 😋

.

Pekalongan-Batang, 10 Juni 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s