#NulisRandom2018, Arsip Karya

Memvisualisasikan Tokoh Novel

Salah satu hal yang ingin kulakukan ketika menulis novel adalah memvisualisasikan tokoh-tokohnya untuk melancarkan proses penulisan naskah.

Sayangnya, niat produktif itu tersendat oleh banyak alasan. Tidak ada waktulah, bingung visualnya gimanalah, dan masih banyak lagi. Mungkin jadi terlalu banyak hal yang harus dilakukan kalau harus menulis sambil menggambar, waktu menulis pun tersita. Oleh karena itu aku mengesampingkan keinginan untuk memvisualisasikan tokoh.

Niatan itu ternyata muncul lagi di proyek kolaborasi novel bareng temanku, Rana. Kami mendiskusikan karakternya mengenai apa tipe personality MBTI-nya, model rambutnya, hingga pakaiannya. Semua ini sedikit-banyak membantu kami untuk memvisualisasi tokoh. Munculah niatan untuk menggambarnya di laptop―iya, aku bawa peralatan menggambar digital di mudik ini―sesuai yang kami kehendaki.

Entah mengapa kali ini niatan tersebut bukan sekedar wacana! Aku mencoba memvisualisasikan salah satu tokoh novel kami yang kami namakan B karena belum menemukan nama untuknya, lol.

Dari gambar itu belum kelihatan sih sifatnya bagaimana, tapi rambutnya kurang lebih sudah sesuai bayangan. (?) Gambar-menggambar ini merupakan sarana refreshing-ku yang sudah dua mingguan tidak menggambar. Masih malas mewarnai―dan aku memang tidak jago memadupadankan warna, hahaha. Jadilah kupilih representasi warna merah dari elemen si B ini, yaitu api.

Inginnya sih menggambar lagi, tapi aku baru ingat kalau deadline novelnya sisa sebulanan lagi…. Semoga saja bisa kelar. 😅

.

Jombang, 13 Juni 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s