#NulisRandom2018, Hari-hari

Mudik 2018: Sehari Sebelum Lebaran

Terlalu banyak hal yang terjadi beberapa hari yang lalu dan membuat blog ini harus dinomorsekiankan. Ditambah aku yang menjadi fakir kuota, lengkap sudah tidak bisa tulis-unggah secepat yang biasanya.

Semalam sebelum Sholat Id kemarin, di tengah liburan ini, aku masih memiliki tuntutan organisasi, yaitu menggarap proker harian yang tidak memandang apakah aku libur atau tidak. Masoan kali ini pun ditambah membuat poster hari Raya Idul Fitri. Jadi, ketika rombongan takbiran sedang lewat di depan rumah mbah, aku malah mendekam di dalam rumah, berkutat dengan laptop. Mencicip suara keramaian takbirannya saja.

Bicara tentang takbiran, salah satu kekhasan yang bisa kudapatkan di rumah mbah adalah malam takbiran yang ramai, berbeda sekali dengan takbiran di Depok lebaran tahun lalu. Ketika tanggal 1 Syawal sudah ditetapkan, maka malam itu akan ada takbiran keliling yang dihadiri oleh orang-orang sekampung. Ada yang naik mobil bak bersama speaker, ada yang jalan kaki sambil membawa obor, dan lain-lain.

Biasanya juga ada doorprize di akhir kegiatan tersebut. Aku tidak pernah ikut keliling, tapi kebetulan rumah mbah dekat masjid dan jalan raya, aku bisa menjadi penonton kursi VIP setiap tahunnya.

Namun, ada yang agak kupertanyakan dengan takbiran kali ini, yaitu adanya takbiran oleh anak muda yang diiringi musik dangdut bervolume besar…. Nada takbiran dengan musik dangdutnya saja sudah tidak nyambung, keras-keras pula. Ditambah lagi, yang berkeliling dan lewat di depan rumah tidak hanya satu. Lalu, munculah sebuah pertanyaan.

“Kekhusyu’an apa yang mereka cari?”

Entahlah. Lebih baik aku menyelesaikan desain poster saja. 😅

.

Jombang, 14 Juni 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s