#NulisRandom2018, Postcrossing

Cari Sahabat Pena, Mulai dari Mana?

20181006_205522_0001-2055918267.png

Mendadak punya hobi surat-suratan, postcrossing, snailmailing, tapi belum menemukan orang yang bisa diajak surat-suratan juga? Pengin punya sahabat pena, tapi tidak tahu mulai dari mana?

Sini sini, aku punya beberapa tips yang kulakukan dalam mencari sahabat pena. :))

Pertama, kalian bisa cobain Postcrossing. Website ini adalah wadah bagi postcrosser seluruh dunia yang senang berkirim kartu pos. Walaupun wadahnya online, tapi kartu pos yang kita terima benar-benar nyata lho, dan akan dikirimkan melalui Pak Pos. Asyiknya website ini adalah kita akan mendapat alamat random untuk dikirimi kartu pos, lantas ketika sudah sampai di penerimanya setelah itu giliran alamat kita yang akan dikirimi kartu pos oleh random postcrosser dari belahan dunia yang lain. Aku pernah membahasnya di sini, silakan dibaca dan dicoba!

Kedua, kalian bisa mencari sahabat pena di website-website terkait, seperti InterPals, Global Penfriends, dsb. Namun, untuk website ini tidak terlalu kurekomendasikan karena akan slow respond jika yang kita kirimi pesan jarang aktif.

Ketiga, kalian bisa mencarinya di Instagram! Cara pertama, gunakan tagar yang berkaitan, seperti #penpalswanted, #penpalsneeded, #postcrossing, #postcardswap, #snailmailing, dsb. Cara kedua, cari akun penpals (sahabat pena). Biasanya akun itu akan mempromosikan orang-orang dari seluruh dunia yang sedang mencari penpal juga. Di dalam akun itu akan ada banyak foto berisi perkenalan singkat dari mereka yang mencari penpal. Umumnya berisi nama, negara, dan ajakan menjadi penpal. Kadang juga ada isian lain yang opsional, seperti usia, hobi, ketertarikan terhadap postcrosser dari negara mana, dsb.

Aku pribadi lebih menyukai cara yang ketiga untuk mencari sahabat pena (dari dalam maupun luar negeri), bertukar kartu pos sesuai kesukaan masing-masing, atau sekedar mencari inspirasi surat-surat keren dari luar negeri.

Kurang lebih seperti itu. Selamat mencoba! ๐Ÿ“ฌ

.

Depok, 28 Juni 2018

Advertisements

14 thoughts on “Cari Sahabat Pena, Mulai dari Mana?”

  1. nggak nyangka ya, masih ada yang suka bersahabat pena apalagi saling bertukar kartu pos. salut deh sama kamu ๐Ÿ™‚ btw, udah dapet kartu pos dari mana aja, mbak?

    1. Hahaha, masih ada kok, Mas. Terhitung cukup banyak walau mungkin nggak sebanyak yang dulu. ๐Ÿ˜ Saya sendiri baru mulai Februari lalu, alhamdulillah udah dapet dari Rusia, Jerman, Cina, Jepang, Amerika, daaan apa lagi ya saya lupa. ๐Ÿ˜‚

  2. Aku pernah diajakin temen main ginian,,
    ((main ginian)) xD

    Tahun 2012-an kalo ga salah diajakin, terus krena ga ngerti mainnya, aku tinggalin.. sekarang main sahabat-sahabat penaan via ig tpi ga sampe kirim2 kartu pos sih.. wkwkw xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s