Korespondensi

Tips Tracking Kiriman Berprangko

20181006_205053_0001-1854689761.png

Sudah jadi pengetahuan umum kalau kiriman berprangko umumnya tidak memiliki fasilitas pelacakan. Sekali dikirimkan ke kantor pos, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan hanya berdoa. Ya, kan? 😂 Itulah mengapa aku kepikiran untuk melakukan upaya pelacakan sederhana.

Caranya adalah dengan membuat daftar kiriman berprangko yang kita kirimkan.

Sederhananya, daftar ini berisi kolom nama penerima, negara tujuan, tanggal kirim, dan tanggal terima―dan bisa bertambah sesuai kebutuhan. Jika menuliskan kiriman prangko kita di daftar tersebut, kita dapat mengawasi mana saja kiriman yang masih di jalan dan mana yang sudah sampai.

Aku terinspirasi dari sistem sent-received yang dimiliki Postcrossing. Walaupun memang belum sempurna, website itu menampilkan informasi yang kita butuhkan mengenai kartu pos yang kita kirimkan. Ada nomor ID kartu pos, username penerima, negara asal/tujuan, tanggal kirim (terhitung sejak kita request address), tanggal sampai, hingga foto kartu pos itu sendiri. Melihat semua itu, aku jadi inisiatif untuk membuat hal serupa secara manual di Microsoft Excel dan kupisahkan untuk pos masuk serta pos keluar.

Outgoing
Incoming

Berikut ini keterangan kolom-kolom yang kutuliskan di tabel:

  1. Nomor: Untuk mengetahui nomor urut sekaligus jumlah akhir kartu yang kita kirimkan.
  2. Jenis*: Untuk mengetahui jenis kiriman. Ada dua jenis, yaitu Kartu Pos dan Surat.
  3. Tujuan*: Untuk menjelaskan tujuan kiriman tersebut (biasanya di dunia kirim-kiriman pos ini ada yang tukeran lewat Postcrossing―surprise gitulah, ada yang emang janjian tukeran sama orang―aku sebut card swap, ada yang sahabat pena―jadi bakal berkelanjutan, ada juga yang unik kayak tukeran kartu pos sama stiker buah).
  4. Penerima – Platform*: Untuk mengetahui dari mana aku mengenal penerima ini. Aku sendiri memang mengirim dan menerima kartu pos/surat dari berbagai platform, ini untuk memudahkan asal-usul kirimannya aja (sekalian biarkalau mau kasih info ke penerima/pengirimnya bisa tahu mereka kukenal dari platform mana). Platform yang sering kutuliskan adalah Postcrossing, Instagram, dan Facebook.
  5. Penerima – Nama: Untuk mengetahui nama penerima.
  6. Penerima – Asal: Untuk mengetahui negara asal penerima.
  7. Tanggal Kirim: Untuk mengetahui tanggal kirim.
  8. Tanggal Terima: Untuk mengetahui tanggal kiriman diterima.
  9. Durasi*: Untuk mengetahui lama sampainya kiriman.
  10. Nominal Prangko*: Untuk mengetahui total nilai prangko pada kiriman, dapat digunakana juga sebagai tracking pengeluaran.
  11. Foto*: Untuk mengetahui bentuk fisik kiriman, dapat juga membantu kolom-kolom lain, seperti nama dan asal penerima serta prangko yang digunakan.

*) Tanda ini artinya opsional, boleh dihilangkan.

⬇Kalau berminat, bisa unduh di sini⬇

Versi aku (yang lengkap kayak di foto tangkapan layar).

Versi sederhana (tanpa yang opsional).

Semoga bermanfaat. xD

.

Depok, 17 Agustus 2018

Advertisements

7 thoughts on “Tips Tracking Kiriman Berprangko”

  1. Selamat siang….bagaimana ya solusinya kirim surat lewat pos menggunakan Prangko tdk terkirim2 dari 10 aguatus 2018 hingga hari ini?

    1. Selamat siang, kak. 😄 Pertama-tama, saya luruskan dulu kalau saya bukan pegawai kantor pos, hanya konsumen yang berbagi informasi yang saya ketahui saja ya kak, hehe. Saya juga punya kiriman yang sudah tidak berkabar lama sekali, jadi kita punya keresahan yang sama. 😁 Maaf sebelumnya.

      Kalau solusi yang bisa saya tawarkan, mungkin bisa datangi kantor posnya untuk meminta keterangan sekaligus solusi langsung sebagai pihak yang kita gunakan layanannya. Seharusnya mereka punya solusi terkait masalah ini. Tawaran yang kedua, bisa minta penerima surat kakak (kalau individu yang emang dikenal) untuk menanyakan perihal surat yang tidak kunjung sampai ke kantor pos pusat kotanya. Mungkin kurir posnya kesulitan menemukan alamat rumah penerima dan tertahan di kantor pusatnya.

      Semoga bisa membantu. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s