Korespondensi

Kirim Pakai Prangko, Nunggunya Seberapa Lama?

20181006_204943_00012127111720.png

Karena aku sudah menulis tentang tarif prangko untuk mengirim kartu pos dan surat, rasanya kurang lengkap kalau aku tidak berbagi pengalamanku mengirim surat dan kartu pos dengan prangko.

Biar ada bukti nyatanya gitu. Siapa tahu ada yang penasaran sebelum mencoba berkirim surat dan kartu pos untuk pertama kalinya? =)))

Kartu Pos

Ini adalah rekap sederhana kartu pos yang pernah kukirim sejak Februari. Berisi kota/negara tujuan, durasi perjalanan (rata-rata), dan funfact.

Kartu pos yang kukirimkan dalam berbagai rangka, seperti card swap, postcrossing, kejutan iseng, kejutan hadiah ulang tahun, dsb.

Aku sudah pernah kirim kartu pos ke dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, aku pernah kirim (dan sampai) ke:

  • Bandung (16 hari), 1x kirim.
  • Bekasi, 1x kirim.
  • Cina (24-32 hari), 2x kirim.
  • Jerman (12-39 hari), 4x kirim.
  • Amerika (20-45 hari), 3x kirim.
  • Rusia (25-64 hari), 6x kirim.
  • Taiwan (15 hari), 1x kirim.
  • Jepang (18 hari), 1x kirim.
  • Slovakia (26 hari), 1x kirim.
  • Ceko (33 hari), 1x kirim.
  • Portugal (14 hari), 1x kirim.

Kalau kartu pos yang belum sampai:

  • Cibinong
  • Bekasi
  • Medan
  • Jakarta Utara (per 12/09/2018)
  • Amerika
  • Lithuania (2)
  • Malaysia
  • Filipina (per 12/09/2018)
  • Cina (7)
  • Taiwan
  • Turki (per 12/09/2018)

Surat

Ini adalah rekap sederhana surat-surat yang pernah kukirim sejak Februari. Berisi kota/negara tujuan, durasi perjalanan (rata-rata), dan funfact.

Aku biasanya mengirim surat dalam berbagai rangka, seperti card swap (pihak sana minta dikirim pakai amplop) dan sahabat pena.

Aku sudah pernah kirim surat ke dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, aku pernah kirim ke:

  • Depok (10 hari), heran sih, padahal sekota, kok lamanya kayak ke Jepang. ๐Ÿค”
  • Bandung (6-14 hari), 2x kirim.
  • Surabaya (2 bulan), 1x kirim.
  • Yogyakarta (14-20 hari), 3x kirim. Funfact, aku ada kirim tengah Juli dan akhir Agustus, dan yang sampai duluan yang akhir Agustus (alamatnya beda).
  • Sumatera Utara (1,5 bulan), 1x kirim.
  • Balikpapan (33 hari), 1x kirim. Saat ini lagi ada yang kukirim ke sana juga sejak Juli, tapi belum sampai.
  • Sidoarjo (18 hari), 1x kirim.
  • Sukoharjo (15 hari), 1x kirim.

Untuk luar negeri, aku pernah kirim (dan sampai) ke:

  • Turki (30 hari), 1x kirim. Pernah kirim juga bulan Februari, tapi belum sampai juga dan sudah hopeless. :”)
  • Jepang (10-18 hari), 3x kirim.
  • Tunisia (36 hari), 1x kirim.
  • Cina (34 hari), 2x kirim.
  • Malaysia (18 hari), 1x kirim.
  • India (18-28 hari), 2x kirim dan beda alamat.
  • Belanda (18 hari), 1x kirim.

Kalau surat yang belum sampai:

  • Yogyakarta (2); selisih lima bulan dan keduanya ke alamat yang sama. ๐Ÿ˜…
  • Balikpapan
  • Turki
  • Slovenia
  • Belarus
  • Thailand
  • Lithuania (per 12/09/2018)
  • Amerika (per 12/09/2018)
  • Brazil (per 12/09/2018)
  • Algeria (per 12/09/2018)

Kurang lebih begitu. Semoga bisa jadi gambaran! Tapi jangan dijadikan acuan tetap yaaa. Kondisi pos di berbagai belahan dunia kan tidak ada yang tahuโ€•kecuali petugasnya. ๐Ÿ˜…

.

Depok, 12 September 2018

Ditulis sambil menghabiskan 2 jam menunggu kelas tadi siang.

Advertisements

12 thoughts on “Kirim Pakai Prangko, Nunggunya Seberapa Lama?”

  1. Halooo! Kalo kamu ga keberatan, aku pengen tahu dong harga surat-suratmu ke luar negeri. Rata-ratanya berapa ya, dengan minimum dan maksimum biaya sepanjang pengalamanmu? Makasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

    1. Halo juga! ๐Ÿ˜„ Kalau surat ke luar negeri, aku selalu berpatokan sana berat surat. Paling minimal 20gr, itu kena biaya paling rendah (sama kayak kartu pos), kisarannya 6000-8000. Kalau maksimalnya, aku ngebatasin sampai 50gr aja, dengan rincian biaya ke Asia 9000-13000, Afrika-Eropa 14000, dan Amerika 16000. ๐Ÿ˜๐Ÿ‘Œ

      Oh ya, aku pernah coba sekali kirim pakai kiriman pos yang bisa di-tracking, namanya RLN. Tapi sebenernya nggak bisa dilacak banget sih. Tujuan waktu itu ke Italia, berat 0-50gr kena 54000.

      Semoga membantu, hehe. ๐Ÿ˜„

    1. Halo!
      Mau jawaban jujur atau bohong nih? Hahaha. ๐Ÿ˜ Aku nyebutnya surat nggak sampai (soalnya nggak tau penyebabnya rusak, hikang, atau apa kan, hehe). Pernah beberapa kali, tapi yang berhasil sampai lebih banyak kok jumlahnyaa.

      1. Boleh banget! Tapi aku nggak bisa kirim duluan nih, soalnya lagi ngebales surat-surat untuk temen penaku yang lain, hehe. ๐Ÿ˜

  2. Hai, suratku dari Amrik belum2 sampai juga udah 2 bulan lebih ;-; kira2 ada yg bisa aku lakuin ngga ya mengenai surat tsb? Berhubung kami ngirimnya pakai perangko >_<

  3. Halo kak, aku mau mengirim surat ke luar negeri untuk temanku yg dari Postcrossing, tapi ini baru pertama kali juga aku mengirim sebuah surat ke seseorang. Jadi kita hanya menyiapkan postcard yg berisi sesuatu lalu ditempelkan perangko dan kirim saja kan? Aku cuma takut karena biayanya yg bisa2 aja diluar nalar

    1. Halo, Sekar! Dari komentarmu, aku kurang menangkap yang akan kamu kirim: surat atau kartu pos? ๐Ÿ˜ Tapi, akan kubahas dua-duanya deh, hehe.

      Kartu pos: Kita cuma perlu siapin kartu pos. Tulis pesan dan alamat. Lalu tempel prangko dan kirim langsung. Kalau kartu pos sebebas kamu mau pake amplop atau nggak.

      Surat: Tulis surat isi apapun, dari cerita sampai prakarya mini atau oleh-oleh (bebas!) untuk teman pena kita. Masukin amplop, tulis alamat, tempel prangko, lalu kirim!

      Semoga membantu, ya. Kalau ada yang ditanyain, bisa tanya lagi kok. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s