Postcrossing

Surat dari Balikpapan

Kalau kalian sudah baca kartu pos watercolor bergambar sepeda, surat ini datang dari orang yang sama, yaitu sahabat penaku dari Balikpapan.

Sebelum surat ini datang, aku terlebih dahulu membalas kartu posnya dengan surat berisi … apa, ya. Sudah lama jadi lupa. 😂 Aku lupa mengambil foto isi surat balasan pertamaku untuknya, tapi kurang lebih isinya kayak gini:

Masih baru banget nih, jadi cuma ngasih surat dua lembar, kartu kraft yang kugambar sendiri, permen, dan beberapa stiker yang kugambar + kucetak sendiri. Perjalanan ke sananya kurang lebih sebulan, dan ternyata balasan darinya juga kurang lebih sebulan hingga tiba di rumahku.

Amplop balasannya bergambar not balok! Melihatnya saja aku sudah tahu kalau Dila, sahabat penaku, mencetak not balok sebuah lagu di selembar kertas A4. Kemudian dia lipat seperti amplop, lalu ditempeli hiasan berupa potongan komik, alamatku, dan beberapa prangko.

Isi suratnya benar-benar tidak bisa membuatku berhenti tersenyum! Yang jelas sih mood booster banget.

Ada dua lembar surat yang ditulis rapi banget. Keempat halaman surat itu dipenuhi dengan tulisannya. Selain surat, aku juga diberi berbagai barang-barang kecil yang lucu, seperti stiker-stiker bunga yang dia cetak sendiri, stiker prangko, kertas memo lucu, uang-uangan mainan berukuran kecil (ini ide bagus, btw, untuk hadiah sahabat pena luar negeri), teh, handmade ticket, kartu pos yang dia cetak sendiri, dan―yang paling unik―adalah mail tag dari potongan origami!

Mail tag ini semacam … apa ya, kayak pesan berantai gitu. Misal, di mail tag darinya, aku diberi beberapa pertanyaan yang harua kujawab di surat balasan yang selanjutnya. Di mail tag itu pun dia sudah menyertakan jawabannya. Kemudian nantinya aku akan melakukan hal yang sama, dan ini akan berlangsung secara terus-menerus. Aku bilang mail tag-nya unik karena dari potongan origami yang kemudian digabung dengan pita. Pegiat snailmailing di luar negeri biasanya juga sering kirim mail tag, tapi berupa pertanyaan di kartu aja.

Fyi, aku juga melakukan mail tag yang serupa ketika mengirim surat ke sapen di Malaysia, dan katanya aku kreatif banget. 🙈 Terima kasih inspirasinya! 💕

Kalau tidak salah, aku membalasnya dengan paket di bawah ini. Isinya, tentu saja surat, jawaban mail tag sebelumnya, lalu mail tag untuknya, teh borobudur, kancing kayu, permen, origami, funfact, daaan aku lupa. 😂

Suratnya yang di kiri bawah―dan ternyata prangkonya kebanyakan. 😂 Maklum, masih belum punya timbangan, jadinya sok tau gitu nempelin dari rumah. Omong-omong, surat balasan untuknya sudah kukirimkan sejak Juli lalu melalui Kantor Pos AA Bandung, tapi kenawhy ya sampai saat ini belum ada kabar. 😦 Jadi khawatir aku tu, huft.

.

Depok, 23 September 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s