Postcrossing

Surat Pertama dari Jepang

Siapa yang tidak senang mendapat surat cantik dari Jepang ini?

Aku tidak bohong kan ketika mengatakan suratnya cantik? Amplopnya benar-benar bagus banget! Usut punya usut, ternyata amplop itu dibuat dengan washi paper khas Jepang. Motifnya juga bagus dan Jepang banget. Ada gold foil yang kalau kena cahaya jadi agak nge-glow gitu.

Surat cantik itu datang tanggal 6 Agustus. Dari Wakaba, sahabat pena Jepang pertamaku. Aku mengenalnya melalui forum Postcrossing melalui diskusi yang dia buat. Di sana dia mengatakan ingin sahabat pena, dan aku buru-buru menghubunginya lewat pesan di Postcrossing. Alhamdulillah banget aku bisa jadi sapennya dia. ๐Ÿ™ˆ

Belakangan kuketahui, mendapatkan sapen dari Jepang itu susah-susah gampang. Sapen dari Jepang termasuk paling banyak dicari oleh orang-orang di seluruh dunia. Aku tuh kalau cari sapen Jepang di Instagram, yang ada tuh cuma dua: tidak menerima sapen karena sudah kebanyakan, atau sapennya sedikit tapi menolak yang berbahasa Inggris.

Sebagai yang pernah ditolak, sedih aku tuh…. Wakaba pun tidak lama setelah aku mengajaknya jadi sapen, dia juga sudah tidak menerima sapen baru. Makanya aku bilang kalau aku beruntung. ๐Ÿ˜ฆ

Dengan Wakaba, aku yang menawarkan diri untuk mengirim surat duluan. Seingatku, aku mengirim cukup banyak benda, tapi entah mengapa balasan suratnya (yang amplopnya cantik ini) isinya yang ekonomis sekali. Surat dua lembar (mengikuti jumlah surat pertama yang kutulis, sepertinya), washi paper, dan washi tapes sample.

Walaupun sedikit secara kuantitas, aku sangat amat menyukainya! Pertama, karena itu surat dari luar negeri pertama yang kuterima. Kedua, surat itu dari Jepang! Dua lembar surat dari Wakaba dihiasi ilustrasi berwarna yang dia gambar sendiri. Kreatif banget. Katanya, dia memang suka menggambar sih.

Aku menyebutkan Miiko, dan digambarin Miiko sama dia. ๐Ÿ™ˆ Sayangnya dia tidak terlalu mengikuti komik sih. :”) Susah ya cari orang Jepang yang mengikuti perkembangan komik di sana sekaligus aktif surat-surata juga. Kalaupun ada, mungkin tidak mau menerima orang asing yang berbahasa Inggris. :”)

Lalu untuk washi paper-nya … cantik banget, nggak kuat aku tuh. ๐Ÿ˜ฆ Di surat sebelumnya, aku sempat memberinya potongan kertas bermotif juga (yang mereknya fabercast*ll hahaha). Katanya dia menyukainya, dan mungkin karena itulah dia membalasnya dengan potongan kertas washi khas Jepang. Saking cantiknya, cuma kusimpan saja kertas-kertas itu, tidak tahu mau dibuat apa. Sedang menunggu waktunya. (?)

Wakaba juga memberiku washi sample dengan tiga motif berbeda. Aku tidak tahu seberapa panjang yang dia berikan, tapi yang jelas sih cukup panjang. Bagus-bagus pula! Kupakai dengan irit banget, hahaha. Soalnya kan stoknya terbatas banget karena dikasih sapen. xD

Walaupun tidak mendapat sebanyak yang kuberikan, aku tidak kapok memberikan barang lagi. Balasan selanjutnya, aku memberikannya benda lebih beragam. Permen, teh, stiker, surat (tentu saja), dan koin! Karena aku lupa foto isi suratnya sebelum kukirim, aku unggah hasil tangkapan layarku pada foto yang diambil oleh Wakaba saja, ya!

Kalau tidak salah, total berat balasan suratku waktu itu 50gr, jadi kena biaya prangko tingkat 2 (?). Karena sudah ada timbangan di rumah, aku selalu memaksimalkan berat surat dengan biaya prangkonya. Kan sayang ya kalau surat 20-50gr saja sudah kena biaya tingkat 2, tapi berat suratnya cuma 30gr. Makanya kumaksimalkan. ๐Ÿ˜‚

Oh ya, surat untuk Wakaba ini bisa dibilang kelinci percobaanku untuk mengirim koin ke luar negeri dengan layanan pos standar (prangko). Alhamdulillah tiba dengan selamat. Mungkin kalau dengan prangko tidak apa-apa, ya?

Lalu … sebenarnya aku memberi koin bukannya tanpa alasan, hehe. Membaca kebiasaannya yang cenderung memberikan sesuatu yang sama dengan sapennya, aku menerka-nerka apakah dia akan memberi koin juga padaku?

#ngarep

.

Depok, 23 September 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s