Bahasa

Belajar Isyarat Hari, Bulan, dan Warna

Sebelumnya, aku minta maaf karena terlambat update tulisan tentang BISINDO ini. 🙈 Mulai banyak tugas jadi pusing pala saya, huft.

Intermezzo dulu, nih, ada kabar gembira. Setelah selama ini belajar BISINDO lewat modul temanku yang kufoto sejak semester lalu dan Youtube (sayangnya tidak lengkap) akhirnya aku punya modul mini BISINDO, yeay! Yang paling bahagia adalah aku tidak disuruh bayar. 😂

Masalah fotokopi dan bayar ini jadi momok banget buat semester baru, terutama momok bagi dompet, hahaha.

Rabu ketiga, aku mendapat materi baru, yaitu Hari, Bulan, dan Warna!


Hari

Hari: Seperti di gambar, tapi kemarin aku diajarinnya agak beda. Kalau di gambar, yang digerakkan ke bawah cuma sebatas telapak tangan aja, kalau aku diajarinnya dari tangan sampai siku.

Senin: Dua jari kanan (telunjuk-tengah) menyentuh pinggir hidung dua kali.

Selasa: Satu jari menyentuh pipi kanan dua kali.

Rabu: Seperti isyarat abjad R (menjentik), dua kali juga.

Kamis: Telunjuk dan ibu jari menarik hidung ke depan dua kali (menarik = disentuh aja, jangan ditarik kencang-kencang, hehe).

Jumat: Seperti isyarat abjad J, dua kali.

Sabtu: Posisikan tangan di samping pipi kanan, rapatkan kelima jari tangan, hadapkan bagian dalam telapak tangan ke depan, lakukan seperti step ke-2 (di gambar), lalu lanjut ke step ke-3. Kayak orang nari gitu. (?)

Minggu: (1) Menyentuh dagu sebelah kiri dengan telunjuk kanan, lalu geser ke dagu kanan. (2) Membuat abjad M dan G.

Sisanya bisa dilihat di gambar. x))


Warna

Selanjutnya, warna!

Untuk kata warna sendiri, isyaratnya adalah telunjuk menyentuh dagu, dilanjutkan dengan isyarat halo di depan dada.


Bulan

Selain hari dan warna, sebenarnya ada materi bulan juga, tapi tidak ada di buku. 😅 Tapi tidak sulit kok. Mudahnya sih seperti ini:

Januari: Abjad J dua kali (kalau abjad J saja kan tangan kanan-kirinya disentuhkan sekali, kalau bulan disentuhkan dua kali―semoga paham, ya 😅). Persis isyarat hari Jumat.

Februari: Abjad F dua kali.

Maret: Abjad M dua kali.

April: Abjad A dua kali.

Mei: Abjad M dan I (langsung gitu, tanpa jeda).

Juni: Abjad J, N, dan I (tanpa jeda).

Juli: Abjad J, L, dan I (tanpa jeda).

Agustus: Abjad A dan G.

September: Abjad S dua kali.

Oktober: Abjad O dua kali.

November: Abjad N dua kali.

Desember: Abjad D dua kali.


Jadi, seperti itu~ Yuk, dicoba. Semoga mudah dimengerti, ya! ✨

.

Depok, 29 September 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s