Curhat

Kabar Habit Menulis Bulan Ini

Wah, gawat ini. Mentang-mentang tantangan nulis tiap hari Blogtober di bulan Oktober udah kelar, aku jadi santai-santai gini.

Masa’ habit nulisnya mau dibiarkan hilang gitu aja? Bangunnya susah, lo, kemarin aja konsisten nulis 31 hari penuh banyak godaannya. 😂

Tapi, aku jadi inget, sebenernya 31 hari di Oktober lalu itu ada 2 hari yang ke-skip, yaitu hari pertama (karena baru nemu proyek Blogtobernya tanggal 2) sama hari ke … berapa ya, 21 gitu? Kalau nggak salah gara-gara keasyikan melakukan hal lain, dan tau-tau udah besok. 😌 Akhirnya aku buru-buru nulis sesuatu sesuai tema, dipublikasi beberapa puluh menit setelah tengah malam, tapi aku atur tanggal publikasinya kemarin, hehehehehe. //licik //tapigapapaabisitukonsistenlagi

Kayaknya aku tipe yang musti ada trigger-nya, kayak prompt-prompt gitu, hmm. 🤔 Kalau mau bikin habit menulis setiap hari ada banyak caranya sih memang. Salah satunya adalah cari prompt menulis. Fungsinya bisa jadi motivasi, sumber ide, dan menghalangimu dari beralasan kena writer-block. 😂 Kalau prompt-nya udah lengkap dari hari pertama sampai terakhir, bahkan bisa kita cicil siapa tau hari pertama lagi semangat-semangatnya dan kelar lebih dari dua tulisan. Berguna banget kalau-kalau misalnya di hari X lagi sibuk, kuliah sampai sore, rapat sampai malam, sampai rumah langsung kena magnet dari kasur kan tinggal poles tulisan yang udah ditulis kemarin dan dipublikasikan. Ini persis seperti yang kulakukan pada beberapa tulisan di Blogtober kemarin. 😄

Salah duanya adalah tipe penimbun draft alias tulisan tanggung. Ini sebenernya aku juga sih (hehe), tapi … rasanya kurang memotivasi. Rentan banget baru nulis sebagian, terus dilepas sehari, eh kebablasan berbulan-bulan. Kayak salah satu draft-ku tentang liburan ke Bandung. Bulan Juli lalu.

Iya, bulan Juli. Lah, liburan aja udah kelar dari kapan tau, Ferguso. 🙂 Sekarang udah UTS dan tulisan itu masiiih aja mengendap di draft walaupun sempat kupegang beberapa kali―dan belum juga bisa kuselesaikan, heran. 😂 Rasanya ingin menjitak diri sendiri, huft.

Mungkin bulan ini aku akan bertahan tanpa prompt sampai Desember nanti mau cari proyek nulis blog lagi, atau bikin sendiri. Kalau di bulan November ini aku baru inget nulis pas mau tengah malam―kayak sekarang ini―palingan akan berakhir dengan cuap-cuap tidak jelas seperti ini. Yah, bahasa kerennya sih refleksi sekalian curhat. Bukan pijat refleksi, lo, ya. 😉

Semoga saja bisa menyelipkan beberapa hikmah kehidupan(?) walau … ya tadi itu, curhat colongan. 😂

.

Depok (23.40)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s