Postcrossing, Trivia

Cara Melepaskan Sisa Kertas di Prangko

Sebenernya mau ngasih judul “Cara Melepaskan Prangko dari Amplop”, tapi yang kulakukan secara harfiah bukan itu, melainkan “melepaskan sisa kertas di prangko”. πŸ€”

Biasanya pegiat penpalling suka dapat surat dengan prangko yang lucu dan bagus. Sayangnya pas dilepas tuh suka ada sisa kertas yang nempel di belakangnya. Nah, ini adalah tutorial untuk membersihkan sisa kertas tersebut tanpa.merusak prangko~

Lepaskan Prangko dari Amplop

Pertama, lepaskan dulu prangkonya dari amplop. Cara pertama, dilepas pelan-pelan gitu, tapi ini prangkonya rawan sobek. Usahakan prangko tidak sobek, kalau ada serat(?) kertas yang menempel di belakang prangko dibiarin aja karena itulah yang bakal kita bersihkan nantinya.

Cara kedua, kalau amplopnya standar aja dan tidak berharga(?), digunting saya sesuai/tidak sesuai bentuk prangkonya.

Siapkan Perlengkapannya

Siapkan perlengkapannya. Yang dibutuhkan adalah prangko yang barusan dilepas, wadah (besar kecil bebas aja) yang diisi air bersih secukupnya, dua kertas HVS (bekas salah cetak atau bekas kertas try out juga tidak mengapa), dan buku tebal.

Untuk kertas HVS, yang pertama untuk mengeringkan prangko, yang kedua untuk melapisi saat meluruskan(?) prangko di dalam buku (tahap terakhir).

Pertama,

tenggelamkan(?) prangko-prangko itu ke dalam air di wadah yang sudah kamu siapkan. Jangan khawatir prangkonya robek atau luntur! Bahannya anti air kok. πŸ˜„ Rendam sebentar saja. Atau ditunggu lama juga tidak apa-apa sampai kertasnya kayak mau lepas sendiri.

Kedua,

lepaskan kertas dari prangko. Ini gampang banget! Kalau masih ada sisa ertas, diusap-usap aja sampai kertasnya lepas. Tapi hati-hati juga kalau terlalu sering diusap nanti bagian belakang prangkonya ikut terkikis.

Ketiga,

kalau sudah dilepas, taruh prangko basah itu di atas kertas HVS bekas yang sudah dilipat menjadi dua. Setelah itu lipat kertas menjadi dua lagi dan tutup prangko dengan salah satu sisinya. Ditekan-tekan sedikit biar airnya menyerap dan prangko lebih kering.

Keempat,

selipkan kertas HVS bekas kedua (baru) yang sudah dilipat menjadi dua juga. Taruh prangko yang sudah dikeringkan dengan kertas pertama ke atas kertas kedua.

Tutup seperti kertas HVS pertama, lalu selipkan kertas berisi prangko itu ke dalam buku tebal.

Kelima,

biar hasil prangkonya lurus seperti baru, buku tadi bisa ditiban dengan buku lainnya agar lebih berat dan prangko tidak melengkung.

Selesai!

Ini dia hasil before-after-nya~

Gampang banget kan? Nah, praktikan juga ke prangko lainnya ya! 😁


FAQ

“Trik ini bisa untuk prangko yang direkatkan pakai lem nggak?”

― Pada dasarnya, ini lebih ampuh (dan mudah) untuk prangko yang ditempelkan dengan air (bukan lem). Hasilnya bakal lebih bersih gitu. Tapi, untuk prangko yang ditempel pakai lem juga bisa kok! Aku udah praktikin, dan mungkin musti diusap lebih lama (dan tetap hati-hati juga) biar lemnya hilang semua. Diusap sampai bersih, kalau tidak nanti lemnya bakal tetap ada di prangkonya. 😁

“Cuma untuk prangko Indonesia? Bisa untuk prangko luar negeri juga?”

― Bisa! Kecuali prangko yang bentuknya stiker kali ya? Kayak prangko Snoopy dari Belanda dan prangko dari USA. Aku belum pernah coba, tapi mereka prangkonya kayak stiker gitu nggak sih. πŸ€”

“Aku punya banyak prangko tahun 90-an, bisa dibersihin pakai cara ini juga nggak?”

― Bisa banget! Bahan prangkonya masih sama kok. 😁

“Kalau cara ngelepasin prangko dari kartu pos bisa gini juga?”

― Hm … bisa aja kok, tapi risikonya ya kartu posmu digunting (mana mau kan? πŸ˜…) atau kamu berusaha sebisa mungkin untuk melepas prangko dari kartunya. Hati-hati prangkonya sobek.

Aku kadang melepaskan prangko dari kartu pos, tapi untuk prangko yang, pertama, gampang dilepasin tanpa merusak kartu. Kedua, prangkonya ada dua dan gambarnya sama, jadi kucopot satu―dengan tidak melupakan syarat pertama: masih gampang dilepas. Fyi, ada yang bilang kartu pos tanpa prangko tuh kayak hampa gitu, mungkin sebaiknya dibiarkan aja (atau pakai cara keduaku). πŸ˜‚


Kalau masih ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan! Nanti akan aku update juga di tulisan ini. πŸ™‚

.

Depok (00.38)

Advertisements

3 thoughts on “Cara Melepaskan Sisa Kertas di Prangko”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s