Postcrossing, Trivia

Cari Sahabat Pena di Instagram

Sebelumnya aku pernah nulis tentang cara mencari sahabat pena lewat Postcrossing (paling susah), situs web tempat cari sahabat pena (lumayan gampang, but not-so recommended), dan Instagram (recommended!).

Nah, di sini aku bakal bagi-bagi tips mencari sahabat pena di Instagram. 😄

Opening dulu nih sebentar. 😂 Kenapa Postcrossing susah cari sahabat pena dan tidak kurekomendasikan? Soalnya situs itu basic-nya memang bukan surat, tapi kartu pos. Nah, sepengalamanku, ada beberapa orang yang mencantumkan di profilnya kalau dia juga suka penpalling. Itu bisa tuh kira incar, tapi ya mereka jumlahnya sedikit. Untung-untungan kali ya istilahnya. 🤔

Terus, kenapa situs web yang memang untuk cari sahabat pena juga tidak terlalu kurekomendasikan? Sebenernya, tingkat kemudahan dalam menemukan sahabat pena sih lebih tinggi daripada Postcrossing. Tapi karena dia bentuknya situs web, jadi kurang update gitu ke kita. Akhirnya jarang dibuka kan? Kalaupun update, kadang dikasih notifikasi lewat e-mail, tapi ya balik lagi karena jarang dibuka jadi udah hilang mood-nya. Ya pokoknya gitulah ya. 😂 //gimana

Nah, kalau di Instagram ini sangat kurekomendasikan. Selain gampang, para penggunanya juga update. Bahkan lewat hashtag pun kita bisa menemukan mereka yang juga mencari sahabat pena juga. Tapi, di Instagram ini juga ada banyak caranya, lo!


1. Manfaatkan Hashtag (Tagar)

Bersyukurlah karena ada fitur tagar! Kalau kamu aktif mencari, kamu bisa cari mereka-mereka yang juga mencari sahabat pena lewat tagar #penpalswanted atau #penpalsneeded. Nanti bakal muncul foto-foto yang memakai tagar itu dan tinggal kamu cari orang yang sesuai sama preferensi kamu. Kalau kamu pasif (misalnya udah punya beberapa, tapi tidak menolak sahabat pena baru), bisa pasang tagar serupa di setiap foto yang kamu bagikan.

Tips: Kamu bisa juga secara khusus mengunggah foto yang bilang “penpals wanted“. Sertakan juga sedikit info tentang kamu di caption foto, seperti usia, asal negara, hobi, dan mungkin ‘ketentuan’ sahabat pena yang kamu cari (batas usia yang kamu inginkan, dsb).


2. Kepoin Akun Penpals “Finding Machine”

Di Instagram ini banyak banget akun yang fungsinya kayak penpals finding machine gitu. Kerjaan mereka adalah menerima DM berisi data singkat kalian yang butuh sahabat pena, lalu mengunggahnya jadi foto. Para pencari sahabat pena yang bakal menentukan orang mana yang mau mereka ajakin. Kayak take me out gitu, hahaha. 😂 Kalau kamu tidak mau mengirim data diri ke akun itu, kamu bisa jadi pencari aktif yang menyusuri semua data diri yang udah diunggah itu.

Aku tidak pernah mengirim data diri ke akun itu, tapi pernah mencari sahabat pena baru di sana. Tentu ada plus dan minus-nya. Plus-nya, kamu tinggal seleksi aja mau cari orang dari negara mana, umur berapa, dan hobinya apa―ini basic information yang mereka bagikan. Kalau tertarik, bisa merujuk ke akun yang di-tag atau di-mention oleh akun penpal tersebut.

Minus-nya, terutama yang di-mention kadang suka ganti username dan akun orang itu pun tidak bisa terlacak selamanya…. Kalau di-tag sih masih bisa ketemu. Minus lainnya, mereka banyak yang suka nggak ngewaro, alias suka cuek. 😞 Aku sering banget, huft. Sedih banget, jadinya aku jarang cari di sana, hahaha.


3. Lihat Foto Orang Lain

Di dunia penpalling di Instagram, ada sebuah kebiasaan yang akan kamu temui, yaitu unggahan foto incomings mail (surat masuk) dan outgoings mails (surat keluar). Nah, biasanya mereka suka nge-tag calon penerima surat itu, dan itu bisa dilihat eh semua orang, termasuk kita.

Selain tag, hal lain yang bisa dijadikan acuan adalah negara tujuan di surat mereka. Biasanya alamat penerimanya suka di-blur, tapi nama negaranya dilihatin. Biasanya kalau aku lagi cari sahabat pena baru dari negara tertentu, aku lihat dari situ.

Ketiga, lihat prangkonya. Biasanya di prangko suka ada nama negaranya. Aku juga suka cari orang dari negara tertentu lewat prangko di suratnya. Biasanya suka di-tag gitu, dan setelah itu tinggal kita cek sendiri; interest dia apa, dia masih menerima sahabat pena atau tidak, dsb.


Tipe Penpals Hunter

Nah, ada dua tipe orang dalam hal mendapatkan sahabat pena: nunggu diajak orang atau ngajak duluan.

Kalau nunggu diajak orang, bisa pakai tips nomor 1 dan 2. Tips lainnya, pasang hashtag #penpalswanted dan sejenisnya di setiap foto yang kamu bagikan. Setelah itu, tinggal tunggu ada yang kirim DM deh!

Ini bukan tidak mungkin, tapi yaa persentasenya kecil sih. 😂 Kecuali kalau kamu dari negara yang ‘dicari-cari orang’―kalau yang kuperhatikan tuh kayak Jepang, Korea, dan … Inggris, mungkin?

Biasanya tiap warga suatu negara tuh punya kecenderungan keinginan mendapat sahabat pena dari satu negara tertentu. Jepang setauku agak mengincar Amerika. Jepang sendiri termasuk yang sering dicari oleh berbagai negara (dan banyak dari orang Jepang yang membatasi jumlah sahabat pena mereka, jadinya makin susah didapetin hahaha). Indonesia sendiri cukup random dari Jepang, Korea, Amerika, sampai negara-negara Eropa.

Aku sendiri tipe yang ngajak duluan. Kelebihannya, aku bisa dapat sahabat pena dari negara yang kuinginkan. Kekurangannya ya musti usaha. 😂 Nyarinya kan nggak langsung ketemu gitu aja. Sekalinya ketemu pun kadang hoki berkata lain; misalnya target kita tidak menerima new penpal, ada batas umur yang mereka berikan (dan kita tidak memenuhinya), dan masih banyak lagi.


FAQ

“Negara mana yang paling banyak ditemui di Instagram?”

― Aku sering banget ketemu yang dari China, terutama dalam hal tukeran kartu pos. Terus, kalau lihat di akun penpals gitu, Turki dan Indonesia lumayan banyak berpartisipasi di akun itu, lo. Kalau negara lainnya yaa jumlahnya standarlah.

“Gimana caranya biar dia yang ngirim surat duluan?”

― Kalau ini, sesuai kesepakatan dan diskusi kalian aja. Misal kalian sibuk, bilang aja sibuk dan tidak bisa menulis surat. Mungkin tidak semua orang suka menulis duluan, tapi kalau kita jujur (jangan diada-ada juga) pasti mereka mau kirim duluan―walau ada yang keliatan kepaksa. 😂 Bisa juga kalian ngirim barengan gitu, aku ada satu sahabat pena yang kayak gitu.

Saranku, kalau kamu ngajak duluan, jangan langsung main suruh dia yang kirim duluan. Logikanya kan kamu yang ngajak, kok kamu nyuruh dia ngirim duluan…. Soalnya banyak juga lho yang menolak ajakan kita entah karena alasan apa. Lebih sedih lagi kalau dicuekin. 😭 Tapi, kalau dia mengajukan diri, diiyain langsung aja! 😂 Mungkin dia lagi nganggur dan pengen bikin surat tapi ‘kekurangan’ orang untuk dikirimi, hehe.

“Aku diajakin jadi sahabat pena, tapi disuruh nulis duluan padahal lagi sibuk. Aku kudu piye?”

― Kalau kamu diajakin orang lain dan disuruh kirim duluan, menurutku tidak ada salahnya kalau kamu tolak dan memintanya mengirim duluan―toh dia yang mengajak duluan kan. 😅 Aku pernah kayak gini―sering malah, diajakin jadi sahabat pena, tau-tau dia minta aku ngirim duluan, kan hm sekali yaaa. 😂

Awal main penpalling aku masih mau aja nulis duluan karena nganggur, tapi belakangan ini udah berani nolak dengan dalih lagi banyak surat yang harus kubalas atau sibuk sekolah. Bahkan, aku sengaja mencantumkan “If you ask first, please write first” di bio. 😌


Segitu dulu, yeay~ Semoga bermanfaat!

.

Depok (17.10)

Advertisements

3 thoughts on “Cari Sahabat Pena di Instagram”

  1. Aku sudah coba cari di ig, dah dapat satu, sepakat aku duluan yg ngirim, lagi nunggu alamat dia, sekarang aku cemas karena aku gak punya stationary ala ala penpalling maca washi tape dkk, susah banget dapatnya di bukittingi. Mau beli online, lebih mahal ongkir pula kayaknya :’v

      1. Waa… Banyak juga alternatifnya, ya. Okelah, besok sepertinya aku harus hunting barang yang mungkin bisa dikirim. Makasih infonya… :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s