Postcrossing, Trivia

Bikin Cetakan Amplop

Sekitar beberapa bulan yang lalu, aku iseng mencari video tentang surat sahabat pena di Youtube dengan kata kunci flat things for your penpals. Soalnya lagi butuh inspirasi ngasih apaan ke penpals, tapi tidak bikin suratnya ngejendul dan tetap rata.

Terus aku menemukan scene di sebuah video yang aku simpan langsung dalam foto tangkapan layar di atas. Saat itu juga aku berpikir, “Aku butuh cetakan amplop itu.”

Ah ya, funfact, di luar negeri sepertinya banyak yang menggunakan kertas buram transparan itu sebagai amplop yang biasanya diisi stiker, kolase, dll. Pas tanya ibu, katanya itu kertas kue, dan kupikir juga begitu. πŸ€” Nah, yang menarik dari video itu adalah saat orangnya menjimplak pola amplop di atas kertas kue supaya bisa bikin amplop baru.

Aku berniat mencetak pola amplop supaya kalau mau bikin amplop kecil jadi lebih gampang gitu. Mencarinya sih sudah, di Pinterest dan beberapa merujuk ke website. Tapi … akhirnya jadi wacana berbulan-bulan. Karena pola amplop tidak sesuai yang diinginkan dan kadang … gimana ya, susah aja gitu ngunduh polanya.

Berbulan-bulan kemudian, tepatnya saat aku lagi banyak tugas (beneran nih πŸ˜‚) akhirnya niat itu tidak lagi menjadi wacana dan benar-benar kurealisasikan. Saking mumetnya sama tugas yang banyak, akhirnya aku melarikan diri dengan membuat cetakan amplop kecil di kertas ivory 300gsm. Tadinya kertas itu kubeli karena mau cetak postcard sendiri, tapi printer di rumah cuma hitam-putih dan rada maksa aja mencetak kertas setebal itu, jadi … begitulah. 😌 Sempat telantar sebentar, lalu kualihkan jadi mail tags (dibentuk price tag tapi isinya pertanyaan berantai gitu buat sahabat pena), dan sekarang juga kufungsikan sebagai cetakan amplop karena tebal.

Amplop Panjang Kecil

Ini amplop pertama yang kubuat cetakannya, pakai feeling aja sih, hahaha. πŸ˜‚ Jadinya kayak gini, beserta hasil amplopnya. Rada tidak seimbang sih … tapi toh dikonsumsi pribadi, jadi tidak apa. πŸ˜‚

Amplop Kotak Kecil

Nah, kali ini aku coba-coba bikin amplop surat yang nge-hits di luar negeri (di Indonesia susah banget nemunya). Pakai feeling juga bikinnya, dan alhamdulillah jadi! πŸ˜†

Amplop Panjang Besar

Kali ini aku bereksperimen membuat amplop panjang besar. Salah satu to-do list juga sih sejak dapat surat dari USA (udah berapa bulan yang lalu itu, Pin, hahaha). Setelah kedatangan surat berbentuk serupa dari Cina minggu lalu, aku jadi niat untuk merealisasikan wacana ini. Kali ini tidak pakai feeling, tapi berusaha meniru amplop yang dari Cina. Alhamdulillah berhasil. πŸ˜‚

Cocok untuk kirim surat yang isinya tidak terlalu banyak, hehe. Soalnya yang dari USA sama Cina itu isinya juga cuma surat aja sih…. Mentang-mentang surat pertama di antara kami, cuma dikirim sepucuk surat. :”) Rasanya sedih ketika membandingkannya dengan keniatanku pada surat pertama―yang beberapa di antaranya bahkan tidak berkabar sampai detik ini.

Amplop Kotak Besar

Dan akhirnya, to-do list paling ingin kulakukan tapi juga paling tricky ini akhirnya kurealisasikan tadi sore!

Aku pengen banget bisa ‘punya’ amplop ala ala luar negeri gitu yang dilipat empat dengan tiap sisinya berbentuk segitiga (paham kan ya, hehe). Bikinnya rada tricky juga, meniru amplop dari sahabat pena Italiaku yang suratnya memang ideal banget sama keinginanku. Walaupun susah, sempat revisi juga (dikoreksi gitulah karena tidak seimbang πŸ˜‚) alhamdulillah kelar! Masih agak tidak seimbang sih, tapi tidak terlihat kok. πŸ˜‚

Sekarang Rifina tidak kesulitan membuat amplop lagiii, baik amplop besar maupun amplop untuk menaruh hadiah untuk sahabat pena. πŸ’› Tapi, aku juga tidak akan serta-merta meninggalkan cara tradisionalku dalam membuat amplop yang sebelum-sebelumnya sih. Soalnya gampang juga. Kapan-kapan aku bagi tau deh! πŸ˜†

“Kapan tuh kapan, Pin?” πŸ˜‚

.

Depok (00.09)

Ditulis karena takut tulisan ini hanya menjadi wacana berbulan-bulan dan berakhir di draft. πŸ˜‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s