Curhat, Menulis

“Terima Kasih!”

Dari sekian hal menyenangkan yang kualami sebagai narablog, yang paling berkesan adalah membaca komentar,

“Terima kasih! Tulisannya membantu banget”

Jujur, rasanya hati mendadak hangat. Tulisanku membantu orang lain, bisikku. Bahagianya berlipat-lipat karena tujuan awalku menulis blog memang berbagi dan membantu melalui tulisan.

Aku senang menulis dan berbagi. Kedua hal itu aku temukan ketika menjadi seorang narablog. Bahkan, alasan membuat blog pertama kali tahun 2011 adalah berbagi walau dengan kedok tugas dari guru pelajaran TIK. Sebagai pemula, aku memulainya dengan membagikan informasi yang kubaca di internet. Kalau menarik, menambah wawasan, dan―yang terpenting―aku suka, tulisan itu aku salin tempel.

Namun, itu sebelum aku bertobat. Setelah menelan karma, aku banting setir.

Karmanya ya sesuai yang aku tabur dulu. Berselancar di internet untuk mencari sesuatu, lalu saat semua pranala diperiksa satu per satu ternyata isinya salin tempel semua. Gemas sekali rasanya. Sudah sumber awalnya tidak jelas, disalin tempel oleh banyak situs pula. Mana salin tempel mentah, bagaimana tidak sebal? Walau dulu hobi salin tempel, aku tidak setega itu untuk menyalin tempel mentah-mentah. Makanya sejak saat itu aku membuat prinsip bahwa semua tulisan di blog ini harus dari olahan pikiran dan pengalamanku sendiri. Kalau hasil dari berbagai situs (misalnya untuk referensi), minimal diparafrasa.

Ribet ya? Memang, ‘kan bukan salin tempel. 😁 Di balik tulisan informatif yang bisa kalian temukan dengan mudah, selalu ada upaya besar di baliknya. Melibatkan waktu, usaha, sampai uang. Namun, kalau sudah suka, semua itu jadi tidak terasa sih sebagaimana yang kurasakan selama menjadi narablog. Aku senang menjadi seorang narablog. Menulis sesuatu yang sebisa mungkin punya kebermanfaatan bagi orang lain, minimal membuat tulisan yang menghibur. Kalau menulis atas dasar suka, semua pengorbanan langsung terbayar begitu ada komentar yang mengatakan tulisanku sangat membantu. Atau sesederhana notifikasi tanda suka di tulisan-tulisanku. Tidak ada yang lebih membuatku tersenyum daripada itu, setidaknya hingga saat ini.

Berangkat dari pengalaman mencari tutorial naik bus rute Depok-Jatinangor di mesin pencari Google yang hasilnya nihil, aku tergerak untuk menjadi yang pertama menuliskan suatu tulisan bermanfaat yang mungkin dibutuhkan banyak orang. Waktu itu aku harus nekat karena minimnya informasi yang kudapat, untung saja ditemani tante saat pertama kali. Dari pengalaman langsung itulah aku mendapat informasi, lalu aku tuangkan dalam tulisan ala tutorial di blog ini. Ketik saja “naik bus depok jatinangor”, maka yang akan muncul paling atas adalah tulisan dari blog ini! Aku tidak pernah membayangkan tulisanku bisa muncul paling atas untuk suatu pencarian. Bohong kalau itu bukan hal berkesan. 😁

Selain tutorial naik bus, ketiadaan informasi di kala butuh ini juga terjadi saat aku mencari tentang Postcrossing, sebuah situs kirim-kiriman kartu pos. Karena kecewa setelah mendapati blog paling informatif malah tidak aktif lagi, akhirnya aku “nyemplung” saja supaya bisa mengorek informasi sendiri dan menggantikan peran blog itu. Kurang dari setahun, tulisanku tentang pengalaman pertama kali kirim kartu pos di Postcrossing menjadi primadona di blogku. Menyadari bahwa tulisanku benar-benar memberi pengaruh, bagaimana aku tidak senang? Sejak saat itu aku semakin semangat untuk mengumpulkan pengalaman dan informasi, lalu merekamnya di blog ini.

Itu adalah motivasi yang masih kupegang kuat dan selalu berhasil membuatku menelurkan tulisan-tulisan baru.

Walaupun begitu, tidak ada suka tanpa duka. Di balik momen spesial, tentu ada dukanya juga. Tulisanku yang paling populer pun apresiasinya terhitung sedikit kalau dibandingkan drngan jumlah pengunjung. Jadi agak mengenaskan, hahaha. Namun, karena aku menulis atas dasar suka, kenyataannya begitu pun tidak mengapa. Lambat laut aku sudah menikmati peran menjadi narablog, tepatnya sejak mencoba tantangan menulis setiap hari bulan Juni 2017―yang ternyata berlanjut sampai sekarang. Aku ketagihan jadi narablog. Aku semakin menyukai kegiatan berbagi ini, dan mengumpulkan momen-momen spesial yang hanya bisa dialami oleh narablog. Mengumpulkan “terima kasih” yang tulus dari teman-teman pembaca yang benar-benar terbantu dengan tulisanku.

Resolusiku tahun ini sebagai narablog? Tentu saja tetap rutin berbagi di sini! Berbagi cerita, pengalaman, dan informasi. Sebenarnya aku punya keinginan membuat satu tulisan setiap hari. Aku ingin menjadikannya kebiasaan layaknya makan dan minum. Lalu, sekali dua kali menarik orang lain untuk menjadi narablog juga bukan ide yang buruk. Aku juga ingin membuat tantangan-tantangan menulis bulanan lagi dengan Rana, itu bisa jadi resolusi tambahan sekaligus pendukung resolusi penghasut tadi. 😁 Aku senang kalau punya teman “seperjuangan” di bidang yang kusukai, hehe.

Bagaimana kalau resolusi dicampur dengan momen spesial sebagai narablog? Ada satu, nih. Tahun ini aku ingin terus menggalakkan hobi kirim-kirim surat dan kartu pos yang tengah kugeluti. Sudah pernah berhasil menghasut beberapa orang, dan masih ingin menjamah manusia-manusia milenial lainnya untuk kuhasut juga. 😁

.

Depok, 25 Januari 2019

ditulis untuk #KompetisiBlogNodi #NarablogEraDigital

Advertisements

7 thoughts on ““Terima Kasih!””

  1. Semangat Rifina! Mantap memang post Depok-Nangor dan Postcrossing itu hohoho. Btw aku gak jadi ikutan karena lupa dan lagi males nulis serius :”(((( //diulang

    Btw ada akunya hehehehehehe //bodoamat

    Pokoknya semangaaat! Iya nanti kita fiksasi konsep tantangan menulis yaaa :”))))

    1. Takpeee. Aku aja mepet euy menetapkan hasil akhir tulisan ini setelah berulang kali ketik. :”)))

      Kamu nggak bosen ya? 😂

      Okeee!

      1. Habisnya rana berada di sekeliling hidupku(?), dan banyak juga yang kita lakuin bareng. 😌😌😌 Jangan bosen2 ya, wkwkkw.

  2. wow keren kak akhirnya bs menjadi sumber informasi bagi semua org yah, btw aku suka quote nya “kalau tdk ada yg menuliskannya, aku saja yg tulis” mantabbb kak hehe 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s