Kuliah

Semester 6 (Hampir) Kelar

Semalam aku baru merdeka setelah dikerubuti UAS ini-itu dan harus belajar untuk ujian sejak malam Senin. Rasanya? Senang tidak terkira. 😣

Malam Senin aku berkutat dengan sebuah tugas akhir yang diharuskan membuat ulasan artikel jurnal. Temanya tentang budaya baru (budaya yang muncul setelah teknologi begitu marak), lalu dikaitkan dengan mata kuliah yang bersangkutan.

Seninnya tidak kuliah. Lebih tepatnya, kelas siang itu sengaja diliburkan. Kami baru disuruh masuk minggu depannya untuk mengumpulkan UAS berupa resensi buku. Itu mata kuliah Penulisan Populer, omong-omong. Jadi, wajar saja tugas akhirnya begitu, hehe. Malamnya aku belajar untuk UAS bahasa Italia sambil pusing-pusing mikirin rencana wawancara bersama informan untuk tugas akhir lain.

Selasa pagi UAS bahasa Italia. Soalnya susah, di luar ekspektasi. 🙂 Keluar kelas langsung mabok, hahaha. Langsung pulang untuk mengademkan otak dan dihibur lima kartu pos dari Finlandia. Malamnya aku membuat PPT untuk UAS kelas Rabu siang, yaitu presentasi makalah individu. Malam itu aku dan rekan tugas akhirku juga merencanakan wawancara Rabu pagi dengan informan di kampus. Jadwalku akan “padat” sedikit.

Rabu pagi―iya, pas yang ada aksi 22 Mei itu, lho―aku ke kampus untuk wawancara. Alhamdulillah berjalan lancar walau tenggorokan jadi kering. Sambil menunggu dzuhur, aku serta temanku latihan presentasi dan dihiasi cowok-cewek yang lagi adu argumen. Kekeraskepalaan argumen sang cowok membuatku tidak konsentrasi, soalnya nada suaranya sering naik dan maksa. Hmmm. 🙃 Siangnya kami presentasi untuk UAS. Hampir saja dibatalkan karena ada mahasiswa yang izin tidak hadir sebab area rumahnya tidak kondusif, tapi kelas tetap berjalan karena yang presentasi hadir semua.

Rabu malamnya istirahat? Wow, jangan harap. Aku harus belajar untuk UAS Kamis pagi. Dan bagian menyebalkannya adalah aku kesulitan mengunduh materi dari grup LINE karena medsos yang dibatasi. 🙂 Asli sebal sekali. Belajarku tidak optimal, bahkan baru benar-benar belajar Kamis pagi karena materinya baru dapat! Haduh banget deh kebijakan pembatasan itu.

Kamis pagi dihiasi dengan belajar dadakan dan kantuk luar biasa. Nyetir motor ke kampus saja mata ini sepet banget, di sepanjang jalan cuma bisa berdoa. Di kampus pun pas mengerjakannya juga ngantuk. Akhirnya setelah kelar ya langsung balik ke rumah. 😅 Malamnya berkejaran dengan deadline―sepertinya deadline adalah nama tengahku. Aku tidak sendiri karena ini UAS kelompok (berdua), membuat extended abstract untuk artikel jurnal dari wawancara yang kami lakukan Rabu pagi. Kebijakan pembatasan medsos kembali mengganggu―terlalu mengganggu, bahkan. Pengerjaan tidak optimal, sempat miskomunikasi, akhirnya bisa kelar dan diunggah ke sistemnya kampus walau telat. 🙂 Terima kasih, lo, untuk kebijakan yang tidak bijak itu.

Malam Jumat―alias Jumat dini hari―baca sedikit materi UAS Jumat pagi. Lepas Subuh juga belajar lagi. Sempat ada kejadian terlambat ke kampus gara-gara ponsel mati dan alarm tidak bekerja sebagaimana mestinya, hahaha. Walaupun terlambat 15 menit, untung masih diperbolehkan masuk dengan konsekuensi tidak ada tambahan waktu. Alhamdulillah bisa kulewati dengan baik.

Fyi, sejak Ahad malam aku paling cepat tidur pukul 1 dini hari. Paling lama pukul 2. Enak? Sama sekali tidak. Jadi terbiasa? Terpaksa terbiasa, dan masih kebawa sampai semalam. Tidak baik memang, tapi … ah sudahlah. :”)

Yang jelas, semalam adalah malam pertamaku untuk bisa bebas dari terjangan UAS. Masih sementara karena Ahad ini tugas akhir resensiku harus diselesaikan. Rabu pun ada 1 makalah serta 1 artikel jurnal yang harus dikumpulkan. Perjuangan belum berakhir.

Walaupun begitu, faktanya semester 6 hampir kelar! Coba tebak apa yang akan datang setelah lebaran nanti?

Libur panjang? Woops.

PKL, pemirsa. 😌

.

Depok, 25 Mei 2019

Advertisements

1 thought on “Semester 6 (Hampir) Kelar”

  1. Wah lumayan padat juga ya kak kegiatannya, banyak banget tugas nya dan bersamaan dengan ujian akhir semester. Semoga hasilnya maksimal ya kak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s