30 Hari Bercerita (2019), Opini

Sampai Jumpa

Sampai jumpa adalah perpisahan yang menyenangkan, kalau boleh kusebut demikian. Berpisah, tapi ada harapan untuk berjumpa kembali.

Aku punya satu cerita tentang berpisah dan jumpa kembali, yaitu ia yang merupakan guru di balik Rifina yang lebih mandiri. Juga guru untuk hal-hal baru lainnya.

Continue reading “Sampai Jumpa”

Advertisements
30 Hari Bercerita (2019), Sahabat Pena

Aroma Surat Sahabat Pena

Kutebak, banyak yang berpikir kalau hobi kirim-kirim surat ke sahabat pena adalah hal yang sia-sia dan tidak ada untungnya, apalagi di era yang sudah canggih ini.

“Surat-suratan tuh udah mah lama sampainya, nggak pasti pula.”

“Mending online chatting (obrolan daring) ajalah lebih efisien dan efektif. Surat-suratan untungnya apa? Kenyang nunggu doang.”

Itu beberapa hal yang bisa jadi terbesit di pikiran beberapa orang. Mungkin tidak sejahat itu juga―atau malah bisa lebih jahat dari itu? 😂

Tapi, aku ingin bercerita tentang surat sahabat pena. Ada satu hal yang ditawarkan dari media komunikasi yang beken di masa lalu ini.

Continue reading “Aroma Surat Sahabat Pena”

30 Hari Bercerita (2019), Buku

Lima Buku Incaran

Karena menjadikan membaca sebagai salah satu hobi, tentu aku punya beberapa buku yang ingin kubaca. Sayangnya, “ingin” tuh identik dengan hal yang belum tercapai. Ada banyak buku yang masih kuincar karena … yah, mahasiswa tuh alasannya apa lagi selain masalah duit? 😂 Di bawah ini ada lima judul teratas yang beberapa di antaranya sudah lama kuincar. Mungkin kita mengincar buku yang sama?

Continue reading “Lima Buku Incaran”

30 Hari Bercerita (2019), Curhat, Islam

Tempat Curhat Terbaik

Ada kalanya aku menemui masalah yang membuatku resah. Apa-apa serba tidak nyaman, tidak bersemangat. Gelisah berhari-hari. Pernah merasakan juga? Rasanya kayak ada beban di dalam hati yang sulit sekali diungkapkan, sekalipun ke orang terdekat kita. Namun, aku punya tempat curhat terbaik yang sanggup membuatku tenang seketika. Sebesar apapun masalah yang sedang kuhadapi.

Inilah ceritaku; untuk kalian yang sedang gundah. Juga kalian yang sedang membutuhkan tempat curhat terbaik.

Continue reading “Tempat Curhat Terbaik”

30 Hari Bercerita (2019), Opini

Quinque Fruges

Fruges dalam bahasa Latin artinya buah-buahan, Quinque artinya lima (kalau salah, tolong komplain ke Google Translate). Sengaja pakai bahasa Latin biar nambah wawasan juga. Alasan aslinya sih karena judul “5 buah favorit X” akan sangat pasaran dan aku sedang tidak ada ide, jadilah (sok) pakai bahasa Latin, hehe. :”)

Kali ini aku mau memenuhi 1 dari 10 tema tantangan menulis dari Mbak Ainhy, yaitu “lima buah-buahan yang disukai”.

Continue reading “Quinque Fruges”

30 Hari Bercerita (2019), Korespondensi, Trivia

Tutorial Bikin Amplop Sendiri

Amplop putih dan coklat selalu jadi primadona dalam kegiatan surat-menyurat. Sebagai pegiat surat siput, sesekali aku menggunakan kedua surat itu. Tapi, lama-lama bosan pakai yang tanpa motif gitu. Kalau mau lebih bagus, butuh upaya tambahan untuk menghias.

Berangkat dari situ, aku akan menawarkan opsi:

bagaimana jika kita membuat amplop sendiri?

Continue reading “Tutorial Bikin Amplop Sendiri”