Hari-hari, Islam, Keluarga

Depok Terguncang

Sekitar pukul tujuh malam tadi Depok terguncang.

Ada gempa.

Continue reading “Depok Terguncang”

Advertisements
Islam, Nostalgia

Qolqolah: Mantul atau Mati?

Sewaktu belajar mengaji, pasti kita pernah dengan istilah Qolqolah. Hurufnya ada lima: ba’ (ب), jim (ج), dal (د), tha (ط), dan qa (ق). Biasanya disingkat “baju di toko” biar hafal huruf-hurufnya.

Jauh sebelum belajar mengaji, ternyata rasa ingin tahu anak kecilku dahulu sudah tergelitik ketika mendengar dua jenis pembacaan surat al Ikhlas yang berbeda.

Continue reading “Qolqolah: Mantul atau Mati?”

30 Hari Bercerita (2019), Curhat, Islam

Tempat Curhat Terbaik

Ada kalanya aku menemui masalah yang membuatku resah. Apa-apa serba tidak nyaman, tidak bersemangat. Gelisah berhari-hari. Pernah merasakan juga? Rasanya kayak ada beban di dalam hati yang sulit sekali diungkapkan, sekalipun ke orang terdekat kita. Namun, aku punya tempat curhat terbaik yang sanggup membuatku tenang seketika. Sebesar apapun masalah yang sedang kuhadapi.

Inilah ceritaku; untuk kalian yang sedang gundah. Juga kalian yang sedang membutuhkan tempat curhat terbaik.

Continue reading “Tempat Curhat Terbaik”

Hari-hari, Islam

Cerita Doa di Tengah Hujan

Kamis minggu lalu, di tengah guyuran hujan beserta angin kencangnya, aku mengutarakan doaku―yang sebenarnya juga setengah iseng.

“Hujan deras gini, berkahnya deras juga nggak, ya? Kalau iya … yah, semoga aja komik stripku bisa menang, hehe.”

Sambil berdoa, sebenarnya ada terbesit juga keinginan untuk menguji beberapa pertanyaan yang kerap mengganjal di hati.

Benar nggak sih doa saat hujan itu mustajab?

Benar nggak sih hujan itu membawa berkah? Hujan angin sekalipun?

Dan Allah pun menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Continue reading “Cerita Doa di Tengah Hujan”

#NulisRandom2018, Islam, Keluarga, Ramadhan Bercerita [2018]

Melanggan Saluran Televisi Islami

Dulu kami melanggan parabola yang menyajikan film dan acara dari saluran televisi luar negeri. Sebut saja FOX Crime, NGC, Discovery, AXN, Food Networks, Waku Waku Japan, Nat Geo People, dan lain-lain―semua itu menjadi saluran yang kami konsumsi, bahkan jauh lebih sering daripada saluran televisi dalam negeri yang didominasi sinetron dan tayangan kurang menarik lainnya.

Continue reading “Melanggan Saluran Televisi Islami”