Curhat · Islam · Opini

Transformasi

Mungkin aku adalah sebagian orang yang beruntung karena melalui hijrah yang cukup mulus, nggak melalui jalan berliku. Hijrah dalam KBBI artinya perubahan (sikap, tingkah laku, dan sebagainya) ke arah yang lebih baik―yang dalam konteks Islam berarti lebih mendekatkan diri pada Allah. Setiap orang memiliki ceritanya sendiri. Dengan suka dan duka yang nggak pernah sama.

Hijrah hanyalah kata serapan bahasa Arab karena dalam bahasa Indonesia artinya berubah menjadi lebih baik. Dalam konteks umum, siapa pun tentunya harus berubah menjadi lebih baik. Namun, kali ini perkenankan aku untuk membahas perubahan diri untuk menjadi lebih baik ini dengan sedikit menyinggung konteks religi.

Continue reading “Transformasi”

#NulisRandom2017 · Islam

#NulisRandom2017 – 025: Surat tentang Yang Maha Esa

Siapa yang nggak tau surat Al-Ikhlas?
Surat ini salah satu dari tri-kul, yaitu surat-surat pendek di Al-Qur’an yang depannya dimulai dengan kata “kul” (قُلْ). Posisinya berurutan, ada di bagian akhir Juz 30. Di tri-kul ini selain surat Al-Ikhlas, ada surat An-Nass dan  Al-Falaq. Ketiga surat ini disebut tri-kul karena menjadi tiga surat pendek yang mungkin sudah memecahkan rekor paling sering dibaca waktu sholat. 😂

Continue reading “#NulisRandom2017 – 025: Surat tentang Yang Maha Esa”

#NulisRandom2017 · Islam

#NulisRandom2017 – 023: Ar-Rahman, Surat tentang Sang Pemurah

Surat tentang Maha Pemurah, atau dalam bahasa Arabnya adalah Ar-Rahman. Salah satu surat favoritku di Al-Qur’an. Berhubung “baca ayat Al Qur’an” itu udah biasa, belakangan ini aku tertarik untuk membaca terjemahan Al-Qur’an. Ditambah lagi sebelum ini aku sering melihat sindiran kayak, “Baca novel beratus-ratus halaman aja kuat, masa baca Al-Qur’an dua halaman nyerah?” Itu asli nge-jleb banget. Semacam, “Iya juga, ya.” Makanya, aku mulai coba-coba baca terjemahan Al-Qur’an (masih belum bisa habis sekali baca sih).
Karena aku bukan ahli tafsir Al-Qur’an, jadi mungkin aku hanya menjabarkan arti dan kisah di dalam surat Ar-Rahman ini. Dan di akhir nanti bakal kusimpulkan garis besar terjemahan di surat Ar-Rahman ini. xD

Continue reading “#NulisRandom2017 – 023: Ar-Rahman, Surat tentang Sang Pemurah”