Ilmu Perpustakaan · Kuliah

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

Judul di atas sering kali ditanyakan oleh orang-orang ketika tahu aku adalah mahasiswi jurusan Ilmu Perpustakaan, baik yang awam dan baru pertama kali dengar jurusan ini maupun yang sudah expert dan berkecimpung lama di jurusan ini seperti kakak tingkat di kampus atau dosen. Untuk yang kakak tingkat dan dosen, mereka menanyakan itu lebih karena penasaran kali, ya.

Jujur, kalau dibandingkan dengan jurusan ngehits lain di kampus, jurusan Ilmu Perpustakaan mungkin masih kalah beken. Dari namanya sepertinya juga memengaruhi ya, ‘perpustakaan’ tidak terlihat wow dan dipandang begitu hebat seperti hukum dan ekonomi. Perpustakaan diidentikkan dengan buku dan suasana yang kaku. Membosankan, katanya. Ditambah lagi masih ada stereotip masyarakat tentang orang yang gemar baca buku, yaitu kutubuku, cenderung kurang pergaulan, cupu, atau sering disebut nerd.

Nah, di sini aku bakal meluruskan itu semua, sekaligus menjabarkan alasanku (dan teman-temanku) memilih jurusan ini, bahkan hingga aku sampai dua kali memilih jurusan ini dan dua lolos di sini dalam SBMPTN 2016 dan 2017.

Continue reading “Alasan Memilih Jurusan Ilmu Perpustakaan”

Advertisements
Kuliah · Unpad

“Ngebus” Depok-Jatinangor

Sebelum belajar untuk UTS besok, mau nulis dulu deh. Sudah berhari-hari bolong nulis, rasanya jadi sedih dan ada yang kurang afdol. :”)

Waktu masih kuliah di Unpad, terutama semester dua, aku punya sebuah rutinitas setiap minggu, yaitu ngebus alias naik bus. Jatinangor-Depok, Depok-Jatinangor. Bisa digunakan untuk yang butuh tips naik bus dengan rute yang sama. =))

Dan seperti biasa, tipsnya kusampaikan dalam model bercerita. So, betah-betahin aja ya, hehe.

Continue reading ““Ngebus” Depok-Jatinangor”

Curhat · Kuliah

Libur Usai, Kuliah Mulai

Sedang kehilangan motivasi? Butuh membentuk semangat baru? Mungkin kamu berada di tempat yang tepat! ☻

Setelah melewati libur panjang yang baru pertama kali kurasakan, hilangnya semangat kuliah itu kupikir hal yang wajar. Apalagi hari ini adalah hari pertama dimulainya semester baru.

Nah, sebagai mahasiswa yang kehilangan semangat itu, aku tentu butuh motivasi. Dan ada satu hal yang membuatku semangat berangkat ke kampus hari ini.

Nasi padang kansas.

Continue reading “Libur Usai, Kuliah Mulai”

Ospek · Unpad

FIKOM Unpad: Dedikasi 2015

Setelah OSPEK universitas, sekarang OSPEK fakultas! Berhubung aku berada di FIKOM (Fakultas Ilmu Komunikasi), jadi bahasan ini aku berfokus ke OSPEK FIKOM saja, yaitu Dedikasi 2015.

OSPEK ini kalau nggak salah berlangsung sekitar 3-4 hari (oke, lagi-lagi aku lupa). Langsung lanjut setelah OSPEK universitas selesai tanpa ada jeda hari untuk istirahat. Sayangnya, mungkin karena agak drop juga (plus homesick, maybe?), jadinya untuk rangkaian intinya aku cuma hadir hari pertama dan terakhir. Satu hari sakit, satu hari penyembuhan. Jadi … aku agak clueless dengan rangkaian OSPEK dan juga teman kelompokku. 😅

Dan di sinilah aku, kembali mengingat kisah mengenaskan dua tahun yang lalu, ketika baru pertama kali merasakan yang namanya OSPEK fakultas.

Continue reading “FIKOM Unpad: Dedikasi 2015”

Ospek · Unpad

PRABU UNPAD 2015

Prabu Unpad adalah nama OSPEK atau rangkaian penerimaan mahasiswa baru di Universitas Padjadjaran. Sudah menjadi rahasia umum kan ya kalau OSPEK di universitas itu ada tiga? OSPEK universitas, fakultas, dan jurusan. Nah, Prabu ini OSPEK tingkat universitasnya.

Sebenarnya aku sudah lama mau nulis tentang ini, tapi … entah kenapa nggak jadi melulu dan baru jadi sekarang. 😂

Continue reading “PRABU UNPAD 2015”