Islam · Pojok Visual

Nikmat Allah yang Manakah yang Kamu Dustakan?

“Fabiayyi aalaaa irabbikumaa tukadzdzibaan.”

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Masih diizinkan bernapas.

Masih diberi akal yang baik.

Masih diberi hati yang bersih―bahkan waktu untuk membersihkannya jika kotor.

Masih diberi kesehatan.

Masih diberi rezeki berupa makanan, minuman, uang, dan lain-lain.

Masih diberi pengelihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa.

Dan masih banyak banyak banyak lagi.

Jadi, nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan?

.

.

Depok, 5 Oktober 2017

Advertisements
Opini · Pojok Visual

Berbagi Kebaikan

Berbagi kebaikan itu punya berbagai definisi. Turun langsung sebagai relawan di lokasi bencana alam itu kebaikan. Mengirim donasi melalui bank elektronik di ponsel juga salah satu definiai kebaikan yang lain.

Tidak ada alasan untuk saling nyinyir. Tapi, sayangnya entah mengapa kecanggihan teknologi membuat kegiatan nyinyir ini menjadi mudah dilakukan dan banyak yang melakukannya tanpa berpikir panjang.

“Ah, dia enak mentang-mentang duitnya banyak, bantuinnya nyumbang doang.”

“Halah, paling relawan itu cuma cari muka.”

Stop.

Hari gini masih nyinyir? Duh.

Mari introspeksi diri. Sudahkah kita berbuat kebaikan juga? Sudahkah kita meluangkan waktu seperti relawan itu? Dan sudahkah kita ikhlas menyisihkan sebagian harta kita untuk orang yang membutuhkan?

Kamu yang tahu jawabannya.

Dan bentuk berbagi kebaikan versi aku, sebagai mahasiswa yang masih berusaha mencari uang sendiri dari karya, adalah menyumbang kebaikan dalam bentuk karya juga. =)

.

.

Depok, 30 September 2017

p.s. dua komik strip di atas adalah bentuk kontribusiku untuk event #untuksemua, yaitu satu komik strip = satu paket buka puasa untuk anak jalanan pada bulan Ramadhan lalu, yang diadakan ciayo.com.

Pojok Visual · Sajak (-sajakan)

Jangan Lupa Bahagia

···

Hidup memang tidak mudah dilalui,

masalah kerap datang silih berganti,

tapi, sudahkah kita berbahagia hari ini?

Bertemu teman, ketawa-ketiwi.

Masih bernapas; adalah nikmat yang tidak bisa kita dustai.


Jangan terlalu tenggelam dalam kesibukan diri,

lantas lupa membahagiakan diri sendiri.

Berikan senyummu pada dunia,  minimal lima senti.


Jadi,

jangan lupa bahagia!

(Dan jangan lupa pula bersyukur kepada Sang Illahi, karena kita masih bisa hidup hingga hari ini)

.

.

rufindhi

Depok, 28 September 2017

#AksaraAgustus2017 · Curhat · Pojok Visual

Menghibur Diri Sendiri

sporadis /spo·ra·dis/ a 1 Bio keadaan penyebaran tumbuhan atau penyakit di suatu daerah yg tidak merata dan hanya dijumpai di sana sini; 2 tidak tentu; kadang kala; kadang-kadang: secara — kedua sahabat lama itu masih bertemu.

Aku sering menebar fakta di banyak tulisanku bahwa aku suka menulis. Bahkan, rasa sukaku itu terlihat jelas dengan betapa berusahanya aku mengisi blog ini sehari satu tulisan―walaupun ada yang bolong sih, hehe. Saking seringnya, aku sampai jarang menyinggung bahwa aku juga suka menggambar.

Tidak sebesar rasa sukaku dengan menulis memang, tapi aku suka dan bisa menggambar. Sejujurnya, aku lebih dulu suka menggambar daripada menulis.

Continue reading “Menghibur Diri Sendiri”

#JumblingJuly2017 · Pojok Visual

Orat-Oret di SAI

Orat-Oret-di-SAIBagiku, menggambar itu mutlak selalu bikin lupa waktu. Penyebabnya ada dua, karena memang menyenangkan, atau dan karena memang prosesnya memakan waktu. Aku pribadi jarang memerhatikan jam kalau sedang menggambar, cuma ya tahu-tahu sudah berjam-jam. Bahkan aku bisa dengan yakin kalau menggambar itu bisa menghabiskan waktu lima jam. Kebiasaan yang nggak terlalu baik untuk mata, memang. :”) Continue reading “Orat-Oret di SAI”

#NulisRandom2017 · Pojok Visual

Aplikasi: SAI Easy Paint Tool


sumber: http://sketchbook.wittastic.com/post/69719960017/everyone-after-years-and-years-paint-tool-sai

SAI Easy Paint Tool, ini adalah aplikasi menggambar yang paling sering kupakai dan udah kupakai sejak 6 tahun yang lalu. Biasanya aku menggambar digital untuk konsumsi pribadi, desain pin/keychain, membuat ilustrasi, sampai bikin webtoon pun aku pakai aplikasi ini. Udah nyaman dan terbiasa juga sih, sekaligus terlalu mager untuk men-download aplikasi baru yang katanya lebih canggih. Aku lupa pertama kali tahu aplikasi ini dari mana, tapi pertama kali mencoba aplikasi ini aku langsung jatuh cinta―dan bertahan sampai sekarang. 💚

Continue reading “Aplikasi: SAI Easy Paint Tool”

BALAKO

Balako #2: Beda Harga

image
Balako #2: Beda Harga

Selamat siang dari Nangor~ Hari minggu gini asik kali, ya, kalau tidur seharian. Tapi, hal itu nggak berlaku buat anak kost baru macam aku yang masih disibukkin tugas kuliah sama ospek. Sabtu kemarin biasanya jadwal rutin nyuci baju, tapi terpaksa nyuci di hari minggu ink gara-gara sabtu kemarin ada ospek jurusan.

Iya, yang lain udah UTS, aku mah UTS iya, ospek pun tetap jalan cuy. 😂

Continue reading “Balako #2: Beda Harga”

BALAKO

Komik: Balada Anak Kost Launching

/bersihin sarang laba-laba di kotak komentar/
/nyapu beranda/
/ngelap logo wordpress/

Wah, udah lama banget, ya, aku nggak ngapdet di sini. Terakhir tanggal 10 Juli, sekarang udah 3 Oktober. Apa boleh buat, aku cuma bisa kasih alasan “sibuk”. Sibuk beneran kok, hahaha, bukan sok sibuk biar keliatan kayak orang sibuk yang sok sibuk. #oke

Continue reading “Komik: Balada Anak Kost Launching”