Kuliah, UI

Ada Nilai Kosong di SIAK-NG?

Beberapa minggu lalu aku diharuskan memperbaiki nilai yang kosong. Setelah inisiatif mencari informasinya di internet, hasilnya nihil. Bahkan, di buku pedoman yang bisa diunduh di internet pun tidak menuliskan tentang ini. Aku tidak tahu apakah informasi ini dilarang disebar (but why?) atau memang belum ada yang berinisiatif menuliskannya.

Jadi, demi memudahkan kalian yang mungkin bernasib sama, aku bakal menceritakan tahap-tahap yang kulakukan selama memperbaiki nilai kosong di SIAK-NG. 馃挴

Continue reading “Ada Nilai Kosong di SIAK-NG?”

Advertisements
Hari-hari, Postcrossing, UI

Tentang Kartu Pos ke Rusia dan Rapat Pukul Lima

Barusan aku mendapat kabar gembira.

Kartu pos terakhirku yang berkelana lebih dari sebulan itu akhirnya tiba di Rusia.

Continue reading “Tentang Kartu Pos ke Rusia dan Rapat Pukul Lima”

UI

Kansas FIB Hilang?

Masih ada kok. Tenang, saudara-saudara.

(( emangnya siapa yang rusuh, wkwk ))

Kansas, alias Kantin Sastra, yang ngehits di FIB UI, saat ini memang ‘hilang’ untuk sementara alias tidak beroperasi seperti biasanya. Semester ini, kantin yang khas dengan atap kerucutnya itu lagi direnovasi. Kurang tahu sih kelarnya kapan, bisa jadi baru beroperasi lagi semester depan, tapi yang jelas masih ada kok.

Terus, anak FIB pada jajan di mana dong?

Continue reading “Kansas FIB Hilang?”

UI

Vending Machine di FIB UI

Berbeda dengan Jepang, keberadaan vending machine di Indonesia masih terbilang jarang. Hanya ada di tempat-tempat ‘eksklusif’ (seperti bandara), atau minimal menjadi tempat berlalu-lalang orang asing (seperti Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya yang memiliki banyak mahasiswa asing).

Mengetahui ada vending machine di FIB, aku jadi tertarik untuk mencobanya.

Continue reading “Vending Machine di FIB UI”

Islam, UI

Women Days 2017 – Girls Creative Competition

Women Days UI datang lagi tahun ini!

Sebelumnya, bagi yang penasaran apa itu Women Days, Women Days adalah acara kemuslimahan terbesar se-Universitas Indonesia yang dibuka dengan pre-event bersamaan dengan International Hijab Solidarity Day (IHSD) pada tanggal 4 September. Pre-event kami yang lainnya adalah membagikan kisah-kisah muslimah hebat pada zaman Nabi yang dipublikasikan setiap Rabu dan Ahad malam di akun Instagram Salam UI (@salam_ui). Sementara main event-nya ada lomba (Girls Creative Competition), tantangan (Hijab Challenge), dan seminar kemuslimahan dengan pembicara yang keren.

Nah, kabar gembira bagi muslimah yang suka menulis cerpen dan/atau menggambar! Tahun 2017 ini kami menyelenggarakan lomba menulis cerpen dan komik strip yang bertajuk:

[GIRLS CREATIVE COMPETITION]

鈥淒an setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Q. S. Al Baqarah: 148)

Kita sebagai seorang muslimah tentunya memiliki berbagai keinginan untuk selalu tampil dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Nah, dalam kesempatan kali ini, Women Days 2017 menggelar perlombaan yang menarik dan istimewa untuk muslimah dengan tajuk Girls Creative Competition. Ada dua lomba seru yang bisa kalian ikuti:

1. CERPEN

Tema (pilih satu):

(a) Aku berhijrah

(b) Bangga Menjadi muslimah

(c) Muslimah Inspire

(d) Hijab Tidak Menghalangi Potensiku

2. KOMIK STRIP

Tema: Hijab Tidak Menghalangi Potensiku

Periode lomba: 2 – 15 Oktober 2017
Pengumuman: 11 November 2017 di SEMUSIM (Seminar Muslimah) “To Be WoW”

“Biaya pendaftarannya berapa?”

GRATIS! Tidak dipungut biaya dan terbuka untuk muslimah di seluruh Indonesia. 馃榾 Ingat ya, mus-li-mah! Karena kami banyak mendapat pertanyaan dari ikhwan (laki-laki) yang ternyata sangat antusias dengan acara ini. =))

Silakan mengunduh file informasi lengkap terkait syarat dan ketentuan lomba pada tautan dibawah ini:

bit.ly/SyaratKetentuanGCC

Yuk, ikutan! Langsung saja daftar dengan mengakses form di bawah ini:

bit.ly/GirlsCreativeCompetition

Sebarkan ke teman, adik, kakak, sepupu, sahabat perempuan kalian dan ajak mereka berbagi kebaikan melalui lomba ini. =))

Jika ada pertanyaan, bisa menghubungi narahubung: 08976575752 (Deby)

Women Days 2017

“Show Your Crown, Show Your Act”
________________________

Facebook: Salam UI

Instagram: @salam_ui

Line: @salamui

Twitter: @salamui

Youtube: SalamTV
Salam UI 20: Share the Spirit!

#AksaraAgustus2017, Curhat, UI

Gelar Jepang UI 23 [Day 3]

[1]

bengkil虏 /beng路kil/ a, terbengkil-bengkil /ter路beng路kil-beng路kil/ a susah payah (melakukan sesuatu); ia berkayuh mudik menongkah arus itu dengan –.

***
[2]

pudat /pu路dat/ a penuh tumpat.

Seenggaksukanya aku dengan tempat panas, penuh, pudat, dan memiliki definisi menunggu, aku tetap saja nggak kapok, dan ini berlaku untuk acara Festival Kebudayaan Jepang yang tadi siang kukunjungi, yaitu GJUI.

Hari ini telah berlangsung hari puncak Gelar Jepang UI yang juga menginjak hari ketiganya. Dengan lokasi yang sedikit lebih luas serta booth merchandise, lembaga, dan komunitas yang lebih banyak dari dua hari sebelumnya, membuat hari ini menjadi hari terpudat bagi GJUI 23. Manusia tumpah ruah. Rasa-rasanya antrian sembako bisa kalah dari antrian kami yang hanya sedang menunggu giliran body checking dan masuk ke dalam area event.

Continue reading “Gelar Jepang UI 23 [Day 3]”

#AksaraAgustus2017, UI

Gelar Jepang UI 23 [Day 2]

tumpat /tum路pat/ a 1 penuh padat (tt ruang, rongga, dsb); penuh krn terjejal; mampat: kamar itu pun — oleh buku; kota-kota sudah — oleh pengungsi; 2 ki tersuntuk akal (hilang akal, tidak tahu apa yg harus dikerjakan): pikirannya — krn kehilangan anaknya;

Sejak kemarin (Jumat), di kampusku sedang ada acara besar yang berasal dari program studi Sastra Jepang, yaitu Gelar Jepang Universitas Indonesia (selanjutnya disingkat GJUI). Kemarin aku nggak datang, tapi hari ini (Sabtu) aku datang. Acara Jepang ini bukan dari jurusanku memang, walaupun jurusanku juga punya acara nggak kalah menarik, tetapi kami berada dalam fakultas yang sama. Dan aku sudah cukup bangga dan senang karenanya.

Eh, ya, sedikit rasa sedih sih karena masuk Sastra Jepang adalah impianku sejak kelas 1 SMA, tapi gagal tercapai. :”)

Oke, skip. Kembali lagi ke GJUI.

Continue reading “Gelar Jepang UI 23 [Day 2]”

#JumblingJuly2017, Ospek, UI

PSA-MABIM FIB UI dan Emblem “Keluarga” Fakultas

Emblem Keluarga Fakultas

Kalau sebelumnya aku ngegosip OSPEK universitas, kali ini aku mau gosipin OSPEK fakultas (yang sempat disinggung juga), khususnya OSPEK Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

鈥淣gapain bahas OSPEK setahun yang lalu? Nggak ada bahan tulisan lain, ya?鈥

Err … antara iya dan nggak sih, karena barang berkesan kali ini aku dapatkan dari perjuangan OSPEK fakultas. Continue reading “PSA-MABIM FIB UI dan Emblem “Keluarga” Fakultas”